Lihat ke Halaman Asli

Tahu Pong: Walau Kopong Tak Buat Perut Kosong

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13262722401795975244

Tahu pong istilahnya berasal dari kata ‘’pong’’ yang berarti kopong atau kosong.. Di Semarang banyak tempat makan yang mengusung menu tahu pong. Tahu pong gimbal, salah satu menu yang paling digemari pembeli. Tahu pong gimbal biasanya terdiri dari dua jenis tahu (tahu pong dan tahu emplek), gimbal, dan telur.

Tahu pong yang digoreng agak kering, saat mentah hampir mirip dengan tahu jenis lain. Karena tingkat kepadatan yang rendah, saat digoreng, tahu pong bisa menggembung, dan menyisakan ruang dalam tahu tersebut. Sedangkan tahu emplek sebenarnya tak jauh beda dengan tahu pong. Tahu khas warga Tionghoa ini justru berisi padat dan kenyal. Meski dari luar tahu ini tampak kering, di dalamnya masih tampak basah, putih, dan lembut di lidah.

Pelengkap tahu pong gimbal selanjutnya adalah gimbal, (semacam rempeyek, tapi lebih tebal) udang yang dipotong-potong, serta telur ayam. Seperti yang lainnya, telur pun digoreng bulat utuh hingga bagian luarnya berwarna kuning keemasan, lalu dipotong-potong.

Sebagai pelengkap, tahu pong biasa disajikan bersama kuah (saus) kecap, acar timun, dan lobak segar yang diiris tipis-tipis. Yang membuat sedap adalah kuahnya, yang terbuat dari kecap, bawang putih, dan petis,

Ada banyak cara untuk memakannya. Misalnya, bisa dengan menyiram semua hidangan dengan kuahnya langsung atau mencelupkan satu per satu ‘’item’’ ke kuah. Bisa juga ditambah dengan nasi. Menikmati sajian tahu pong bisa dibeli dengan harga kisaran Rp 8 ribu- Rp15ribu.

Jika Anda tertarik untuk menikmati, mampirlah di kawasan Jl Depok, Semarang yang banyak terdapat tenda-tenda penjual tahu pong.Atau anda bisa mengunjungi warung tahu pong yang paling legendaris yang terletak di Jl Gajah Mada No. 63 B. Tempat makan yang telah berdiri sejak lima dasawarsa lalu ini menjadi tujuan utama bagi pecinta kuliner yang ingin merasakan kelezatan tahu pong.Silahkan mencoba. : )

Artikel ini juga bisa Anda baca selengkapnya di www.besekan.com dan http://kulinermaknyus.wordpress.com/

Cekidot : )




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline