Lihat ke Halaman Asli

Alf_Barcelona

Mahasiswa

Liga Spanyol: Barcelona Gagal Mengkudeta Puncak Klasemen La Liga

Diperbarui: 11 Desember 2023   08:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: IG @laliga

Jornada ke-16 Liga Spanyol (La Liga) mempertemukan 2 tim papan atas klasemen sementara, yaitu Girona yang akan bertandang ke markas FC Barcelona. Sementara Girona masih unggul 4 poin dari Barca (julukan FC Barcelona). Tidak disangka sebelumnya, Girona mampu memuncaki klasemen La Liga sampai pekan ke-16 ini.

Bermain di Stadion Olimpiade Lluis Companys, Girona mampu mebungkam culers (julukan fans Barca) dengan gol cepat yang dicetak oleh Artem Dovbyk (12'), akan tetapi Barca semakain menaikkan tensi permainan sehingga mampu memabalas lewat gol dari R. Lewandowski (19') dan stadion kembali bergemuruh. Ke dua tim saling jual-beli serangan, dan pada akhirnya Girona mampu unggul 1-2 melalui Miguel Gutierrez (40'). Skor 1-2 untuk Girona sampai peluit panjang babak pertama berakhir.

Second half, Barca yang masih tertinggal masih terus melakukan upaya untuk menciptakan gol balasan untuk menyamakan skor. Akan tetapi, Girona tidak bermain terlalu main defansif dan mampu menambah gol di menit 80' melalui Valery Fernandez. Barca yang semakin tertinggal harus meningkatkan lagi serangannya, sayangnya gol berhasil dicetak oleh Ilkay Goundigan di injury time 90'+2' (skor2-3). Barca semakin menaikkan tempo permainan, akibatnya Barca terlena dan membuat celah lini belakang berhasil dimanfaatkan oleh C. Stuani yang berbuah gol di menit 90'+5 (skor 2-4). Hasil skor ini bertahan sampai akhir pertandingan (FT: Barca 2-4 Girona).

Dengan kekalahan Barcelona, Barca gagal mengkudeta puncak klasemen La Liga dan menurunkannya ke peringkat 4 klasemen sementara. Sedangkan Girona merasa kedinginan di pucuk klaseman dengan selisih 2 poin dari pesaing terdekatnya (Real Madrid) yang kemarin ditahan imbang oleh Real Betis dengan skor 1-1.

Xavi (pelatih Barcelona) memuji permainan Girona, "Apa yang dilakukan Girona memiliki banyak manfaat, memang pantas mereka dapatkan (kemenangan), mereka spektakuler, kami ucapkan selamat kepada mereka. Permainannya sangat seimbang, ini semua tentang detail. Kami kurang efektif dan kesalahan dalam pertahanan membuat kerugian buat kami. Saya rasa kita harus terus di jalan ini, jangan ragu atau gemetar, tetap berkerja lebih." Ungkapnya dalam wawancara DAZN.

Dan info untuk jadwal FC Barcelona selanjutnya di Liga Champions (Kamis, 14 Des 2023), yang akan bertamu ke kandang Antwerp. Dimana di Putaran pertama, Barca mampu pesta gol 5-0 tanpa balas di Stdion Olimpiade Lluis Companys.

Salam Respect.

Alf-Barcelonista




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline