Lihat ke Halaman Asli

Memilih Jenis Hosting Yang Tepat

Diperbarui: 25 Juni 2015   01:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagi pemilik website, tentunya kestabilan hosting menjadi pilihan utama. Apalagi untuk website yang telah memiliki pelanggan yang cukup besar, hosting yang tidak mengalami fase 'down' adalah kebutuhan ideal.  Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin membuat website perlu memilih dan mempertimbangkan hosting apa yang terbaik untuk kebutuhan website yang sedang dibangun.

Hal awal yang perlu dilakukan adalah dengan memahami berbagai macam jenis hosting yang telah ditawarkan oleh provider saat ini. Berikut ini beberapa pilihan jenis hosting yang perlu dipahami.

a. Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis layanan hosting yang menempatkan sebuah akun hosting secara bersama-sama dengan akun hosting lainnya dalam sebuah server yang sama. Keuntungannya adalah harga yang cukup murah, namun ruginya karena pemakaian bersama sebuah server, maka jika ada salah satu user menggunakan sumber daya yang besar, user yang lain akan terkena imbasnya.

beberapa provider yang menyediakan layanan ini seperti: masterweb.net, jagoanhsoting.com, dan idwebhost.com, dan masih banyak lainnya

b. VPS (virtual private server)

VPS ini adalah jenis layanan hosting yang juga hanya menggunakan satu server saja namun perbedaannya adalah pada sumberdayanya yang dibatasi per-user sehingga tidak saling berebut sumberdaya. Namun tentu harganya lebih mahal dari shared hosting. Jenis yang satu ini nampaknya sedang dicari banyak pemilik website. Karena berada dipertengahan yaitu antara shared hosting yang murah namun tidak stabil dan dedicated server yang cukup mahal.

Beberapa provider yang menyediakan layanan ini juga ada banyak seperti: webiihost.com, jagoanhosting dll.

c. Dedicated Server

Dedicated server adalah layanan penyewaan tempat untuk server untuk sebuh akun. Dengan dedicated server satu server hanya digunakan untuk satu akun saja, sehingga performa dan privasinya lebih terjamin. Untuk mendapatkan layanan ini perlu untuk datang ke gedung pusat Internet di Jakarta.

d. Cloud Hosting

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline