Lihat ke Halaman Asli

Alfa RZ

Belajar menulis

Lebih Dekat dengan Siswa Asmen SDN Tanjung Jati 2 dan Warga Sekolah Melaksanakan Program Makan Bersama Masakan Ibu

Diperbarui: 3 November 2023   08:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kebersamaan guru dan peserta didik

Lebih dekat dengan siswa bersama ASMEN Tanjungjati 2 dan warga sekolah melaksanakan program makan bersama masakan ibu

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa mendidik dan memberi ilmu dengan ikhlas. Guru juga membimbing dan selalu memberi motivasi. Mereka adalah orang tua kedua bagi siswa, yang bertanggung jawab atas peserta didik saat di sekolah. Menjadi panutan dan contoh di dalam sekolah maupun di luar sekolah

Disini hubungan kedekatan antara guru dengan peserta didik sangatlah penting, mengapa demikian hubungan guru dengan siswa yang harmonis akan berdampak baik dalam proses belajar mengajar didalam kelas selain itu hubungan yang harmonis  juga berdampak pada hasil akademik peserta didik.

Menjalin hubungan emosional antara guru dan peserta didik  sangatlah penting. Hubungan emosional yang baik dan harmonis akan berdampak positif dalam proses belajar mengajar. Termasuk pada hasil akademik peserta didik. Selain itu, hubungan harmonis antara guru dan peserta didik juga akan meningkatkan kompetensi sosial siswa.

img-20231103-wa0000-65443cd1edff7645c3258e32.jpg


Dengan pentingnya kedekatan antara guru dan peserta didik Mahasiswa Asistensi Mengajar di SDN Tanjung Jati 2 melakukan kegiatan untuk meningkatkan hubungan antara guru dan murid yaitu dengan melakukan makan bersama bekal dari ibu, pada program sekolah ini siswa membawa bekal ke sekolah, setelah itu bersama warga sekolah  makan bersama makanan ibu di halaman sekolah, hal ini disampaikan oleh Nabila Fisalma, Program makan bersama bekal masakan ibu dilaksanakan setiap awal bulan di minggu pertama hari jumat, hal ini dilaksanakan dengan harapan  untuk menghapuskan kesenjangan ekonomi dan sosial. Karena, siswa diminta untuk membawa bekal masakan ibu yang sehat dan sederhana.

img-20231103-wa0006-65443d05110fce1b7f5df034.jpg


Dengan adanya hubungan kedekatan guru dengan siswa yang harmonis juga berdampak pada tingkat kehangatan dan murid atau siswa menjadi patuh dan punya rasa hormat serta kepekaan yang mencirikan interaksi antara siswa dan guru yang sangat harmonis dan dekat, sebab SDN Tanjung Jati 2 merupakan lembaga pendidikan dasar yang berada di lingkungan Tentara Nasional Angkatan laut,

Pelaksanaan program ini di lakukan secara sederhana yakni dimulai dengan jalan sehat di sekitar lingkungan sekolah, kemudian siswa diminta untuk mengambil bekal dan berkumpul  untuk makan bersama masakan ibu yang didahului dengan berdoa sebelum makan dan diakhiri dengan berdoa setelah makan pungkas Nabila.

Dengan adanya program tersebut dapat meningkatkan kedekatan antara guru dengan siswa juga dapat meningkatkan hubungan antara siswa serta mendorong dan memotivasi peserta didik dalam proses belajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline