Lihat ke Halaman Asli

Target dan Prediksi Pemain Indonesia di All England 2016 (Bagian 2)

Diperbarui: 8 Maret 2016   03:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

C. Ganda Putra

Di Ganda Putra Indonesia mengirimkan skuad terbaiknya, walaupun tak ada kehadiran Wahyu Nayaka dan Ade Yusuf karena Ade dikabarkan sedang sakit. Nah, lalu siapakah pemain yang turun di Tunggal Putra ini ? Pastinya akan ada Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang memang ditargetkan menjadi juara pada ajang All England 2016 ini. Kemudian ada Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Markus Fernaldi dan Berry Angriawan/Ryan Agung Saputro. Namun draw untuk pemain kita kali ini kurang bagus, mengingat AhHend, AngRick dan KevGid berada di satu pool bawah. Hanya BerRyan yang di pool atas. Mari kita lihat ulasannya :

1. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Pada All England 2016 ini Ahsan/Hendra menjadi unggulan kedua setelah pasangan Korea, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Oleh karena itu ia akan terpisah pool dengan lawan bebuyutannya tersebut dan bakal seru jika mereka bertemu di Final All England tahun ini.

Nah melihat draw, pasangan Ahsan/Hendra akan bermain mulai hari selasa di babak pertama bertemu dengan pasangan Denmark Kim Astrup/Andress Skaraup. Sebelumnya mereka pernah bertemu dua kali, dan Ahsan/Hendra selalu memengkan pertandingan. Terakhir mereka bertemu di Perempat Final Sudirman Cup 2015.

Jika lolos mengalahkan pasangan Denmark ini, mereka akan bertemu pasangan senior Kien Keat Koo/Boon Heong Tan asal Malaysia. Sebelumnya mereka pernah bertemu sekali di Australia Open 2013 dan Ahsan/Hendra memenangkan pertandingan. Namun itu sudah 3 tahun yang lalu, mereka harus cukup waspada dengan pasangan ini karena mungkin mereka telah berkembang. Kalaupun yang lolos ke babak kedua bukan dari Malaysia ini, maka mereka akan bertemu pasangan India Manu Attri/B. Sumeeth Reddy. Sebelumnya mereka baru saja bertemu di Kualifikasi Thomas Uber Cup di India bulan lalu. Rekor pertemuan mereka 3-0, dan pasangan kita selalu meraih kemengan. 

Di perempat Final mereka akan bertemu pasangan kuat, antara V Shem Goh/Wee Kiong Tan dari Malaysia atau Chai Biao/Hong Wei asal China. Rekor dengan pasangan Malaysia 3-0 untuk Ahsan/Hendra. Mereka bertemu terakhir di Thailand Master 2016 Februari lalu. Kalau dengan pasangan China 2-1 untuk Ahsan/Hendra. Terakhir di partai final Dubai Final Superseries 2016 desember lalu, dan pasangan kita menang dua set.

Di semifinal mereka akan bertemu antara Zhang Nan/Fu Haifeng (China), Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol (Korea), Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang), atau pasangan Kita Angga/Ricky dan Kevin/Gideon. Kalau menurut saya, dari rekor pertemuan dengan masing-masing lawan di atas Ahsan/Hendra perlu mewaspadai Zhang/Fu karena mereka merupakan pasangan terkuat China saat ini. Dan mengingat di England tahun lalu mereka kalah dengan pasangan ini. Rekor pertemuan mereka 3-5 untuk pasangan China. Dan pertemuan terakhir dimenangkan Ahsan/Hendra di Final Dubai Superseries 2015. Semoga mereka bisa mengatasi pasangan ini, walaupun saya juga berharapnya Kevin/Gideon akan mengatasinya terlebih dahulu di babak pertama. 

Ahsan/Hendra - Ko Sung/Shin = 2-1 (Ko Sung/Shin merupakan juara di German Open minggu lalu dan mengalahkan pasangan nomor 1)

Ahsan/Hendra - Endo/Hayakawa = 9-0 (tenang.. hehe)

Kalau dengan Angga/Ricky dan Kevin/Gideon mereka pastinya sudah tahu permainan satu dengan lainnya. Yang Jelas harapnnya Ahsan/Hendra bisa melaju ke Final.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline