Lihat ke Halaman Asli

Alfareji Febrian

Mahasiswa Konsentrasi Public Relations Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ.

Menjelang Pemilu 2024, Lagu PAN 12 Terdepan Bantu Rakyat Menjadi Viral di Masyarakat

Diperbarui: 1 Juli 2023   13:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Youtube PAN TV

Seperti yang diketahui, Tahun 2023 merupakan tahun politik bagi Negara Indonesia. Hal ini dikarenakan pada tanggal 14 Februari 2024, akan diadakan Pemilihan Umum (PEMILU). Pemilihan Umum terakhir kali diadakan pada tahun 2019. PEMILU diadakan dalam 5 tahun sekali dalam rangka pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden, calon anggota legislatif, dan sebagainya. Para calon ini tentu diajukan oleh berbagai partai-partai indonesia, Seperti Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golongan Karya (GOLKAR), Partai Nasional Demokrasi (NASDEM), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), Partai Demokrat, Partai Persatuan Indonesia (PERINDO), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Ummat dan Partai Amanat Nasional (PAN). Tentunya setiap partai punya teknik dan metode untuk mendekati hati masyarakat, untuk memilih kader dari partai mereka. Contohnya seperti membuat lagu mars partai untuk mempromosikan partai mereka, kemudian melakukan kunjungan ke pemukiman warga, membagikan sembako, melakukan penyuluhan terkait kesehatan serta pendidikan, memperbaiki dan meningkatan fasilitas umum seperti jalan, puskesmas, lampu penerangan jalan, dan tindakan lain nya.

Salah satu langkah unik telah dilakukan oleh Partai Amanat Nasional (PAN), dengan rilisnya lagu mars partai mereka. Partai Amanat Nasional (PAN) merupakan partai yang dideklrasikan oleh Prof. Dr. H. Amien Rais pada 23 Agustus 1998 dengan beberapa tokoh lainnya seperti Sutrisno Bachier serta Hatta Rajasa. Pada tahun 2023 ini, PAN dipimpin oleh Dr. Zulkifli Hasan, S.E. , M.M. yang sekarang sedang menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia di Kabinet Presiden Joko Widodo. PAN memiliki tujuan menjunjung tinggi dan menegakkan kedaulatan rakyat, keadilan, kemajuan material, dan spiritual. Cita-cita partai berakar pada moral agama, kemanusiaan, dan kemajemukan. Seperti yang diketahui, PAN pun telah merilis lagu partai mereka pertama kali di berbagai media pada 9 Mei 2023 dengan judul "LAGU PAN 12 TERDEPAN BANTU RAKYAT". Lagu partai yang dirilis oleh PAN merupakan langkah promosi mereka untuk memperkenalkan partai mereka lebih dalam. Seperti memperkenalkan Visi Misi partai, kaderisasi partai, kegiatan yang mereka lakukan seperti membagikan bahan pokok seperti beras, minyak, gula, telur, makanan snack, serta penyuluhan edukasi terkait kesehatan, dan sebagainya.

Dengan dirilisnya lagu mars Partai Amanat Nasional (PAN), dinilai sebagai "good strategy" untuk menghibur menarik minat para warga untuk mencari tahu lebih lanjut calon-calon pemimpin dari partai tersebut. Ditambah lagi, dalam cuplikan video musik mars yang dirilis youtube PAN TV, menunjukan berbagai kader yang akan mencalonkan diri di Pemilihan Umum 2024. Para calon yang akan maju di PEMILU tersebut, sontak menarik perhatian Warga Indonesia. Hal ini disebabkan jajaran selebriti ternama, masuk dalam list calon-calon dari Partai Amanat Nasional (PAN). Seperti Eko Patrio, Uya Kuya, Desy Ratnasari, Elly Sugigi, Lutfhi Agizal, Varrel Bramasta, Oppa Oma Gala, Tom Liwafa, Dwiki Dharmawan, Charlie Van Houten, Denny Cagur, Primus Yustioso, Anang Hermansyah, Pasha UNGU, Bebizee, Eksanti, Selvy Kitty, dan sebagai nya. Tentu munculnya nama-nama tersebut, menjadi perbincangan hangat di warganet dikarenakan selebriti ternama ini memiliki sepak terjang yang sukses di dunia hiburan. Tetapi tidak dengan pengalaman politik mereka sebelumnya. Sehingga menimbulkan persepsi masyarakat yang mulai meragukan kredibilitas dari nama-nama artis yang mencalonkan diri di Pemilihan Umum nanti. Namun, tidak semua kader selebriti dari Partai Amanat Nasional (PAN) tidak memilik background politik sebelumnya. Seperti yang sudah diketahui, terdapat Eko Patrio, Desy Ratnasari, dan Pasha UNGU yang pernah merasakan kegiatan politik di masa-masa sebelumnya.

Selain viral akibat jajaran selebriti yang mencalonkan, lagu mars PAN ini viral karena lagunya yang entertaining. Dari jabaran liriknya yang menarik dan mudah dihafal, serta melodi lagunya yang easy listening. Seperti contohnya, "PAN PAN PAN, hidup semakin mapan". Lirik ini menyiratkan bahwa jika rakyat memilih kader PAN yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, makan hidup rakyat dijamin mapan dan sejahtera. Namun banyak masyarakat yang salah mengartikan lirik tersebut, Pasalnya Warga Indonesia menyangka bahwa yang semakin mapan ialah mereka yang terpilih jadi anggota legislatif, bukanlah rakyat. Kemudian terdapat lirik "PAN PAN PAN,  bareng Zukifli Hasan". Lirik ini menunjukan bahwa Partai Amanat Nasional (PAN) merupakan partai yang dipimpin langsung oleh Bang Zulkifli Hasan. Yang Sekarang sedang menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia. Tentu dengan adanya lagu partai yang dirilis oleh PAN ini, berhasil menarik perhatian seluruh Warga Indonesia. Baik itu mereka yang melihat di media massa, maupun media online. Sehingga, dengan dirilisnya lagu partai ini, sudah menjadi langkah baik bagi Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengambil minat serta hati masyarakat, untuk memilih calon-calon terbaik dari partai mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline