Lihat ke Halaman Asli

Alfan Jamil

Nama : Alfan Jamil Ttl : Jember, 18 November 1998 Alamat : Jl. Mayjend Panjaitan no.12 Sidomukti Kraksaan Probolinggo Riwayat Pendidikan : •SMPN 1 Kalisat Jember •SMA Nurul Jadid PP. Nurul Jadid Paiton Probolinggo •S1 Ekonomi Syariah Universitas Nurul Jadid •S2 Manajemen Pendidikan Islam Universitas Nurul Jadid •Ma'had Aly Nurul Jadid jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh

Rizqi Dzohir dan Bathin dalam Kitab Qothrul Ghaits

Diperbarui: 19 Maret 2021   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika sudah mulai ragu akan rizki maka tanamkanlah keyakinan bahwa Allah SWT memiliki sifat ar-Rozzaq (Kholiq al-Arzaq). Sifat ar-Rozzaq ini tidak hanya dikhususkan kepada pemberian makanan ataupun minuman, akan tetapi juga pakaian dan semacamnya. Ketahuilah bahwa paling agungnya Rizqi ialah ketika seorang hamba senantiasa diberikan taufiq dalam melaksanakan ketaatan.

Ketahuilah bahwa, Rizqi yang dianugrahkan kepada seorang hamba itu terbagi menjadi dua bagian; Rizqi yang sifatnya dzohir seperti makanan dan sebagainya yang mana rizqi ini hanya diperuntukkan kepada badan, yang kedua adalah Rizqi yang bersifat bathin yaitu ma'rifat (eparengeh kenal dhek Ka Allah kalaben sadejeh bukteh-bukteh ka kobessaanah) dan mukasyafah, inilah Rizqi yang diperuntukkan kepada Qulub (hati) dan Asror.
Ketahuilah wahai Ikhwan, sesungguhnya Allah senantiasa memberikan Rizqi kepada semua makhluq Nya.

Pun juga penting kita renungi bahwa, sebab lapangnya Rizqi adalah Katsrotu sholah (senantiasa memperbanyak sholat) , sholawat atas Junjungan Mulia Baginda Nabi Muhammad SAW dan Istighfar.

-Semoga kita senantiasa diberikan keyakinan dan semoga tidak pernah terbesit sedikitpun sebuah keraguan dalam diri kita akan apa yang sudah menjadi ketentuan Nya dengan senantiasa mudawamah di dalam Asbab Nya-




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline