Lihat ke Halaman Asli

Alfan Jamil

Nama : Alfan Jamil Ttl : Jember, 18 November 1998 Alamat : Jl. Mayjend Panjaitan no.12 Sidomukti Kraksaan Probolinggo Riwayat Pendidikan : •SMPN 1 Kalisat Jember •SMA Nurul Jadid PP. Nurul Jadid Paiton Probolinggo •S1 Ekonomi Syariah Universitas Nurul Jadid •S2 Manajemen Pendidikan Islam Universitas Nurul Jadid •Ma'had Aly Nurul Jadid jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh

Hakikat Musuh bagi Pelajar, Pesan Alfiyyah Ibn Malik

Diperbarui: 10 Maret 2021   07:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

mkaleh.com

TAJUK "Aku tidak akan bertopang dagu meninggalkan perang karena pengecut, sekalipun golongan-golongan musuh datang berbondong -bondong"

Tajuk ini merupakan terjemah dari satu bait syi'ir dalam Alfiyyah Ibn Malik (ket : nadzom Alfiyyah ini terdiri dari seribu bait). 

Bagi seorang pelajar baik dari kalangan santri, akademisi dan lain sebagainya, belajar dan menuntut ilmu sebanyak mungkin merupakan hal yang prinsip bagi mereka. Tapi apakah didalam proses ini akan selalu berjalan mulus, tentunya tidak, kebaikan akan selalu menghadapi rintangan. 

Dapat diambil sebuah pesan tersirat bagi kita semua dari tajuk di atas dengan sedikit mengubah kalimatnya menjadi:

*Aku Tidak akan pernah patah semangat untuk terus belajar sekalipun rasa malas, handphone, whatsapp, instagram, telegram, youtube berbondong-bondong mendatangi ku*

Berusahalah untuk menghindari hal-hal yang membuatmu tidak fokus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline