By: Alfaiza Sabrina 1401422450 (Mahasiswa PGSD UNNES)_Eka Titi Andaryani, S.Pd.,M.Pd.(Dosen PGSD FIPP UNNES)
"Mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan, kebermanfaatan bagi dirinya, bangsanya dan masyarakatnya, juga untuk kebahagiaan yang setinggi-tingginya".
"Mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan, kebermanfaatan bagi dirinya, bangsanya dan masyarakatnya, juga untuk kebahagiaan yang setinggi-tingginya". Merdeka bukan berarti bebas (freedom), tapi kemerdekaan (independence) mengarahkan tujuan, cara mencapai dan cara penilaian/belajar.
Menurut Saya, Saya sangat tertarik dengan kurikulum merdeka ini,karena didalamnyan pun terdapat enam dimensi profil pelajar pancasila yang dimana nilai dari point-point dari pelajar pancasila ini sangat menjadi titik pusat kita saat ini. Dari segi pembelajarannya satu hal yang menarik dari merdeka belajar ini yakni dalam pendekatan pembelajaran berdiferensiasikan membutuhkan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa. Dengan adanya pembelajaran berdiferensiasi ini satu bias menidentifikasi gaya belajar siswa, budaya belajar dan lain sebagainya. Pembelajaran berdiferensiasi terdiri dari proses, konten dan produk. Bisa memudahkan kita sebagai guru bisa mempermudah untuk mengajar.
Menurut saya, saya sangag tertarik dengan kurikulum merdeka karena dimensi profil pancasila yang dimana nilai dari point point profil pancasila ini sangat jadi konferd kita saat ini, kemudian dari segi pembelajarannya satu hal yang menarik dari merdeka belajar ini yakni dalam pendekatan pembelajaran berdifersiasi karena kita membutuhkan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Kita tidak bisa memukul satu siswa yang bisa atau tidak, kita harus memukul rata dan adil dalam memberikan pembelajaran yang bermanfaat. dengan adanya pembelajatan berdiferenaisasi kita dapat mendiagnosis karakteristik siswa kemudian kebutuhan belajarnya, gaya belajarnya, budaya belajar, dan lain lain.
menurut saya, saya sangat tertarik dengan kurikulum merdeka karena dimensi profil pancasila yang dimana nilai dari point point profil pancasila ini sangat jadi konferd kita saat ini, kemudian dari segi pembelajarannya satu hal yang menarik dari merdeka belajar ini yakni dalam pendekatan pembelajaran berdifersiasi karena kita membutuhkan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Kita tidak bisa memukul satu siswa yang bisa atau tidak, kita harus memukul rata dan adil dalam memberikan pembelajaran yang bermanfaat. dengan adanya pembelajatan berdiferenaisasi kita dapat mendiagnosis karakteristik siswa kemudian kebutuhan belajarnya, gaya belajarnya, budaya belajar, dan lain lain.
Dalam pembelajaran berdiferensiasi terdiri atas diferensiasi konten, proses, dan prodak. Dimana tahapannya sendiri memudahkan kita sebagai guru merancang pembelajaran yang bisa dinikmati dan memiliki kebermaknaan untuk peserta didik.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI