Lihat ke Halaman Asli

Alfa Beti Rosita

Guru/Guru Penggerak/SDN Pemaron 03

Persiapan MPLS SD TA. 2024/2025

Diperbarui: 20 Juli 2024   23:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar by Alfa Beti Rosita

MPLS merupakan masa dimana calon siswa baru khususnya kelas 1 untuk mengenal lingkungan sekolahnya seperti teman-teman barunya, guru-guru barunya dan bangunan sekolahnya. 

MPLS akan dilaksanakan selama 12 hari. Dan itu di Kabupaten kami sudah terlaksana 2 tahun terakhir ini sesuai dengan Permendikbud. 

MPLS diisi dengan berbagai kegiatan bermain dan belajar dari transisi PAUD ke SD. Jadi anak-anak tidak langsung diberi pelajaran, namun diberi kegiatan-kegiatan pembelajaran seperti di sekolah sebelumnya. 

Kegiatan MPLS di sekolah kami akan dilaksanakan mulai hari Senin, 22 Juli sampai dengan 3 Agustus 2024. Guru kelas 1 sudah dibekali sosialisasi dan penataran dari Tim Kabupaten dalam kegiatan MPLS mendatang. Dan nantinya dalam pelaksanaannya akan dibantu oleh guru-guru yang lain.

Peran orang tua dalam kegiatan MPLS ini juga sangat penting. Karena disamping orang tua mengantar anak-anaknya, mereka juga mendampingi anak-anaknya dalam kegiatan MPLS. Karena ada beberapa kegiatan yang melibatkan orang tua dan anak. 

Tujuan MPLS ini adalah untuk mendidik anak-anak dari transisi PAUD menuju jenjang SD. Dimana mereka akan berpikir secara nalar dan konkret sesuai dengan perkembangan kognitif, keterampilan, sosial-emosional dan sikap spiritualnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline