Lihat ke Halaman Asli

Al Fiqh

Anak Bangsa

MPLS 2024-2025, Mengabdi Bersama Membangun Karakter Bangsa di SDN Tegalrejo 01

Diperbarui: 27 Juli 2024   15:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Kegiatan MPLS Th. 2024-2025/dokpri

MPLS selalu menjadi ajang meriah setiap tahun menjelang penerimaan peserta didik baru. Demikian pula yang dirasakan oleh segenap lingkungan sekolah termasuk wali murid dan siswa-siswi lainnya. Mengingat kebutuhan masyarakat akan pentingnya pendidikan, lembaga pendidikan sangatlah perlu membuka peluang bagi masyarakat setempat. 

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala Sekolah SDN Tegalrejo 01 dalam pengantarnya menyambut siswa-siswi baru bahwa: "keberadaan lembaga pendidikan bukan dimiliki secara individual oleh perorangan, melainkan menjadi tanggung jawab penuh oleh kita yakni guru, masyarakat, siswa-siswi dan lingkungan sekitar".

Foto: Kegiatan MPLS Th. 2024-2025/dokpri

Kemeriahan MPLS Th. 2024-2025, sejak pembukaan hingga penutup, sangat begitu segar dirasa. Mengapa tidak? Kehadiran Pengawas Bina Kec. Mayang dalam proses upacara penutupan MPLS sangat antusia. Tidak hanya itu Beliau juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pendidikan kepada wali murid yang ikut hadir meriahkan penutupan MPLS tersebut.

Pengawas Bina mengatakan bahwa "momen MPLS ini tidak hanya sekedar untuk memperkenalkan siswa-siswi pada lingkungan sekolah. Namun lebih-lebih bagaimana mereka dapat beradaptasi sebaik mungkin setelah melalui proses MPLS tersebut", ujarnya.

Foto: Kegiatan MPLS Th. 2024-2025/dokpri

"Siswa-siswi unggul ini perlu dijaga dan dirawat sebaik mungkin, tidak hanya kewajiban sekolah dalam menjdidik karakter dan ilmu pengetahuan, melainkan juga orang tua dalam memantau selalu kegiatan baik di dalam maupun di luar sekolah", imbuhnya.

Begitupun yang dirasakan oleh para wali murid, kebanggannya serta partisipasinya dalam memeriahkan MPLS sangat jelas terlihat sejak awal pembukaan hingga upacara penutupan. Demikian para kakak-kakak kelas yang ikut memeriahkan melalui berbagai penampilan. 

Melalui proses pelepasan "Balon & Merpati" oleh Pengawas Bina Kec. Mayang (Nanik Triwidayati) dan Kepala Sekolah (Samsul Arifin) kegiatan MPLS resmi ditutup dan dilanjutkan dengan KBM, serta persiapan-persiapan kegiatan menyambut bulan Agustus. 

Wali Kelas 1 juga menyampaikan bahwa s"emangat peserta didik baru sangatlah kuat. Jangan kita patahkan semangat-semangat mereka yang sedang membiru", ujarnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline