Lihat ke Halaman Asli

Alex Palit

jurnalis

Pemimpin Itu "Sabdo Pandito Ratu"

Diperbarui: 30 Oktober 2023   20:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto dok. Kompas.com

Pastinya kita patut mengapresiasi pertemuan Presiden Jokowi dengan tiga bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo, dengan mengundang makan siang bersama di Istana Merdeka (30/10).

Apa yang diperbincangkan di pertemuan tersebut pastinya tidak lepas dari nuasasa politis yang terhubung dengan Pilpres 2024. Sehingga tidak mengherankan bila pertemuan tersebut kemudian  memunculkan  spekulasi politik maupun tafsir politik di luaran.

Di hadapan wartawan, Anies mengungkapkan, dalam makan siang salah satunya membahas terkait netralitas. Anies mengaku menyampaikan agar Presiden Jokowi menegaskan kepada seluruh aparat untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

"Dan tadi beliau sampaikan bahwa beliau memang mengumpulkan pejabat, gubernur, bupati, bahkan akan mengumpulkan TNI, Polri, dan seluruh aparat untuk netral," ujar Anies.

Pastinya kita semua berharap pesta demokrasi Pilpres 2024 berjalan jujur, adil, dan netralitas dalam artian tidak adanya cawe-cawe keberpihakan kekuasaan.

Termasuk, pastinya tidak adanya cawe-cawe keberpihakan instrumentasi kekuasaan pada pasangan capres -- cawapres tertentu. Di mana gelaran kontestasi Pilpres 2024 berjalan jujur, adil, adil, sehingga tidak memunculkan tudingan terjadinya kecurangan.

Pastinya kita juga berharap, semoga pertemuan elit politik ini menjadi komitmen dalam menjaga pesta demokrasi Pilpres 2024 berlangsung netralitas.


Sabdo Pandito Ratu

Dari pertemuan tersebut, saya diingatkan pada artikel "Prabowo Subianto, Pemimpin Itu Sabdo Pandito Ratu" di Kompasiana.com (24/10).

Di artikel tersebut, saya mengutip apa yang ditulis Prabowo Subianto di buku "Kepemimpinan Militer 2", di bab "Sabdo Pandito Ratu".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline