Lihat ke Halaman Asli

Alex Palit

jurnalis

Sang Presiden 2024 Bersenjatakan Trisula Wedha

Diperbarui: 2 Maret 2022   09:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Sebagaimana banyak disebutkan bahwa Satria Piningit adalah figurisasi dari sosok seseorang yang secara personality memiliki sifat keutamaan-keutamaan sebagai manusia utama yang tidak dimiliki pada kebanyakan orang.

Begitupun dengan apa dan siapa Satria Piningit, sebutan ini tidak semata-mata hanya merujuk pada sosok atau figurisasi seseorang, dalam konteks ini justru yang tak kalah pentingnya bagaimana menempatkan makna kata Satria Piningit ini pada idealisasi konsep kepemimpinan dengan segala keutamaannya yang menyertai.

Konsep idealisasi kepemimpinan dengan segala keutamaannya inilah yang kemudian menjadi acuan yang dimiliki bagi setiap pemimpin, atau siapa pun yang mengaku atau yang menyebut dirinya sebagai sosok Satria Piningit, Satria Pinilih atau Satrio Pinilih Notonegoro, dalam Jangka Jayabaya disebut sebagai Ratu Adil yaitu sosok pemimpin yang adil, bijaksana serta kebajikan lainnya yang menyertai.

Bersenjatakan Trisula Wedha

Disebutkan bahwa sosok Ratu Adil bersenjatakan "Trisula Wedha". Yang dimaksud bersenjatakan trisula wedha di sini tak lain merupakan simbolisasi penggambaran watak, sifat atau kepribadian yang harus dimiliki seorang pemimpin yaitu: benar, lurus dan jujur.

Benar, bahwa seorang pemimpin harus berdiri di atas kebenaran dan demi kebenaran, bijak, adil, dan tidak berat sebelah.

Lurus, dalam menjalankan amanahnya sebagai seorang pemimpin berjalan di rel aturan hukum.

Jujur, tidak suka berbohong, satunya kata dengan perbuatan, selalu meng-atakan kebenaran yang sebenarnya, tidak mencla-mencle.

Ketiga watak "Trisula Wedha" ini harus dipunyai sebagai seorang pemimpin. Watak ini sekaligus menjadi ageman yang melekat dan menyatu pada personality seorang pemimpin yang merupakan sifat utama Ratu Adil, yaitu: benar, lurus, jujur.

Para kawula padha suka-suka

Amarga adiling Pangeran wis teka

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline