Lihat ke Halaman Asli

Alex Palit

jurnalis

Log Zhelebour, Festival Rock, dan Anugerah Bakti Musik Indonesia

Diperbarui: 13 Maret 2020   14:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anugerah Bakti Musik Indonesia 2020 (foto dok Tribunnews.com)

Log Zhelebour memang bukan musisi, penyanyi atau pencipta lagu. Ia hanyalah seorang promotor showbiz musik dan produser musik spesialis rock berbenderakan Logiss Record. Tapi publik musik -- khususnya publik rock Indonesia -- tahu bakti, pengabdian dan dedikasinya yang ia lakukan demi perkembangan dan kemajuan musik rock Indonesia.

Karena bicara musik rock di Indonesia dalam kurun waktu 1984 hingga 2004, pastinya amatan kita tidak lepas dari sebuah event musik yang dipromotori Log Zhelebour, yaitu Festival Rock se-Indonesia.

Dalam sepuluh kali gelaran (1984 - 2004), festival ini bukan saja menjadi wadah bagi grup band rock untuk aktualisasikan diri dalam sebuah ajang festival musik berskala nasional. Dari ajang ini pula muncul nama-nama grup band, musisi, dan penyanyi rock yang kemudian ikut mewarnai musik Indonesia. Keberadaan "Festival Rock se-Indonesia" inipun kini terpancang sebagai sebuah tonggak sejarah musik rock Indonesia. 

Bahkan dari nama grup band yang dapat Anugerah Bhakti Musik Indonesia 2020 yaitu God Bless, sejarahnya juga tak lepas dari sosok Log Zhelebour yaitu ikut membidani album grup rock legendaris ini; Semut Hitam (1988), Raksasa (1989) dan Apa Kabar (1997).

Saya tidak tahu apakah kriteria penobatan "Anugerah Bakti Musik Indonesia" ini hanya diberikan kepada artis penyanyi pencipta lagu dan pemusik, sementara promotor, produser musik atau industri rekaman yang sejatinya juga ikut andil dan memberi kontribusi dalam gebyar semarak musik Indonesia tidak masuk didalamnya?

Dan terlepas dari semua itu, buku sejarah "Festival Rock se-Indonesia -- Log Zhelebour" ini tak lebih hanyalah bentuk apresiasi anugerah "Forum Apresiasi Musik Indonesia" (Formasi) terhadap bakti musik Log Zhelebour terhadap musik Indonesia, khususnya musik rock Indonesia.

Sudah tentu dengan satu harapan, semoga kehadiran buku ini menambah referensi katalog musik Indonesia, khususnya sejarah musik rock Indonesia.

Alex Palit, jurnalis, penulis buku "Rock Humanisme God Bless and You" penerbit Elex Media Komputindo (2017), pendiri Forum Apresiasi Musik Indonesia (Formasi).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline