Lihat ke Halaman Asli

Menjaga Imunitas Tubuh Kala Pembelajaran Online saat PPKM

Diperbarui: 24 Juli 2021   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia kembali lagi mengalami serangan gelombang ke 2 oleh Virus Covid 19 yang mengakibatkan melonjaknya angka positif dan kematian. Varian virus Covid 19 yang terus berkembang pesat dan infeksi yang ditimbulkannya semakin tinggi menjadi salah satu penyebab utama Indonesia harus menghadapi wabah gelombang ke-2. Pemerintah pun akhirnya mengambil langkah untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk sebagian besar wilayah Indonesia. Ini sangat memberikan dampak terhadap banyak sektor, salah satunya sektor pendidikan khususnya para siswa yang terpaksa harus melaksanakan pembelajaran daring/online yang bisa membuat mereka kelelahan dan menurunkan imunitas tubuh mereka.

Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik MDBPE-MBKM Daring dengan program "Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam implementasi MBKM pada masa Pandemi COVID-19". Difokuskan dalam program bidang pendidikan, sasaran dari program tersebut adalah pihak sekolah, guru, siswa, orang tua siswa yang terkena dampak dari COVID-19.

Pola makan yang sembarangan hingga begadang sudah menjadi hal identik pada para siswa khususnya. Pola hidup tersebut justru membahayakan diri terlebih saat pendemi Covid-19. Kita sebagai siswa diharuskan memiliki imunitas tubuh yang baik dan sehat agar kita selalu semangat dan siap dalam menjalani pembelajaran online.

Terdapat beberapa cara yang mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan alami.

1. Istirahat Yang Cukup
Hal yang pertama ialah perlunya istirahat yang cukup pada tubuh dan mengurangi begadang. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, perlunya istirahat yang cukup. Kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan kelelahan sehingga menurunkan imunitas tubuh. Kita harus setidaknya tidur selama 7-8 jam per hari. Dengan mencukupi kebutuhan istirahat tersebut, maka daya tahan tubuh juga akan meningkat.

2. Menjalani Pola Hidup Sehat (3M)
Tidak bosan-bosannya pemerintah menganjurkan kita untuk selalu menjalakan pola hidup sehat termasuk 3M (Mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker). Nyatanya cara ini sangat efektif untuk melindungi Anda dari penyakit terutama virus Covid-19. Selama kita dirumah sebaiknya kita berolahraga karena dengan berolahraga kita bisa meningkatkan imunitas tubuh dengan alami. Setidaknya kita perlu berolahraga selama 2 jam 30 menit tiap minggunya.

3. Mengkonsumsi Makanan yang dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh
Terdapat banyak sekali makanan yang mengandung zat-zat untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti sayuran, buah-buahan dan susu. Jika perlu kita harus mengkonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh kita dengan cepat.

Cara-cara diatas adalah cara yang mudah kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh kita dengan alami dan mudah. Tetap jaga kesehatan tubuh dan jiwa kita agar kita senantiasa diberikan semangat untuk menjalani pembelajaran online dimasa PPKM ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline