Lihat ke Halaman Asli

Pemulihan Ekonomi Nasional Jadi Trending Topic Nomor 14 di Twitter!

Diperbarui: 12 Oktober 2021   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Apa itu Trending Topic

Salah satu media sosial yang cukup eksis di kalangan masyarakat saat ini adalah Twitter. Twitter merupakan media sosial di mana penggunanya dapat berbagi informasi dengan menggunakan "Tweet" atau cuitan kepada orang lain. 

Salah satu fitur lain yang juga bermanfaat bagi penggunanya adalah fitur "Trending". Melalui fitur trending ini, para pengguna dari Twitter dapat mengetahui topik-topik apa yang sedang ramai dibicarakan di kanal tweet dari Twitter. 

Biasanya, topik-topik yang masuk ke dalam fitur trending adalah topik yang sedang ramai dibicarakan atau kata kunci dari suatu topik yang sedang ramai dibicarakan. 

Dalam minggu ini, terdapat banyak topik yang masuk ke dalam trending list di Twitter, salah satunya adalah Pemulihan Ekonomi Nasional yang menjadi trending topic pada urutan 14 dalam trending list di Twitter. 

Apa itu Pemulihan Ekonomi Nasional?

Semenjak ikut terdampak wabah Covid-19, Indonesia mengalami berbagai penurunan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu aspek yang mengalami penurunan adalah ekonomi. 

Perekonomian di Indonesia mengalami penurunan karena adanya wabah Covid-19 ini mengharuskan sebagian besar pekerja ekonomi untuk tidak bekerja dahulu, terkecuali yang bekerja di sektor perekonomian utama negara, seperti Bank, Rumah Sakit, Kepolisian dan lain sebagainya. Hal ini diperlukan karena untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 yang mewabah di dunia, termasuk di Indonesia. 

Akibatnya, dengan adanya kebijakan demikian, hampir di seluruh negara termasuk Indonesia, mengalami aspek kemunduran ekonomi. Menyadari adanya penurunan ekonomi, Pemerintah Negara Indonesia memiliki suatu siasat untuk mengembalikan kondisi ekonomi di Indonesia seperti sedia kala, yaitu dengan Realisasi Pemulian Ekonomi Nasional (PEN).

PEN dan Perekonomian di Indonesia
Program Pemulihan Ekonomi Nasional adalah salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi dampaak Covid-19 terhadap perekonomian. PEN juga merupakan salah satu program yang dilaksanakan sebagai respon atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi, khususnya sektor informal atau UMKM. 

Tujuan dari PEN ini adalah untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya selama pandemi Covid-19. Khusus untuk UMKM, program PEN diharapkan dapat memperpanjang 'nafas' UMKM dan meningkatkan kinerja UMKM yang berkontribusi pada perekonomian di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline