Lihat ke Halaman Asli

Alexander Gunawan

Pelajar SMA Kolese Kanisius

Kolese Kanisius: Rumah Pemimpin yang Melayani, dari Dulu Hingga Kini

Diperbarui: 16 September 2024   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malam Closing CC Cup 2023 (Dokumentasi Pribadi)

Sekolah, menurut KBBI, merupakan bangunan atau lembaga yang dipakai untuk aktivitas atau kegiatan belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran sesuai dengan jenjang pendidikannya (SD, SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi). Kebenaran definisi ini jelas tidak perlu dipertanyakan. 

Namun, arti sekolah menurut KBBI tersebut rasanya menjadi tidak lengkap apabila disandingkan dengan perjalanan panjang yang disediakan di Kolese Kanisius. Ranah akademik tentunya menjadi hal yang dijunjung tinggi dalam pendidikan, tetapi bukan berarti bahwa itu merupakan aspek satu-satunya dalam pendidikan.

Hal inilah yang dituju oleh Kolese Kanisius, yang selalu mendorong setiap peserta didik untuk berkembang menjadi pribadi yang utuh, dengan kejujuran, jiwa kepemimpinan, dan kompetensi non-akademik dalam setiap dinamika dan kegiatan yang ditawarkan.

Sejak awal berdirinya, Kolese Kanisius telah menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan integritas kepada setiap siswanya. Sebagai institusi Jesuit, Kolese Kanisius menjadi pusat keunggulan layanan pendidikan bagi para pemimpin masa depan yang mampu berdiskresi dan melayani sesama dalam semangat "man for and with others". Guna mencapai visi tersebut, Kolese Kanisius memperjuangkan nilai-nilai seperti persevera (pantang menyerah), magis (selalu berkembang), dan 4C1L (competence, conscience, compassion, commitment, dan leadership).

Kegiatan seperti Canisius College Cup 2022 dan Canisius College Cup 2023 menjadi beberapa contoh nyata bagaimana Kolese Kanisius mengembangkan potensi siswa di luar kelas. CC Cup bukan hanya sekadar ajang perlombaan olahraga dan seni, tetapi juga menjadi wadah bagi siswa untuk belajar bekerja sama, berorganisasi, dan memimpin. 

Kegiatan Canisius College Cup 2023 diadakan sebagai sarana dan wadah pengembangan diri bagi seluruh generasi muda, para pemuda-pemudi bangsa Indonesia. Kegiatan CC Cup 2023 mampu merangkul setiap orang untuk mengasah, melatih dan terus menggali potensi yang berada dalam diri baik dalam bidang olahraga, seni, pengetahuan, dan bahasa. 

Proses persiapan dan pelaksanaan CC Cup mengajarkan banyak nilai kehidupan yang berharga. Dalam setiap kegiatan, kanisian diajak untuk belajar bekerja sama dengan orang lain, menghargai perbedaan, dan mencapai tujuan bersama, yang mengajarkan pentingnya kolaborasi dan komunikasi yang efektif. 

Baik dengan menjadi anggota panitia maupun koordinator bidang, kanisian diajak untuk belajar mengambil inisiatif, membuat keputusan, dan memimpin dengan integritas, membantu mereka mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang akan berguna di masa depan. Kejujuran dan integritas menjadi landasan dalam setiap tahap persiapan dan pelaksanaan, mengajarkan kanisian untuk bertindak dengan jujur dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil.

Menghadapi tantangan dan rintangan selama persiapan dan pelaksanaan acara mengajarkan siswa untuk tidak mudah menyerah dan terus berusaha mencapai tujuan mereka, meskipun menghadapi kesulitan. Mereka juga belajar untuk mengelola waktu dengan baik, mengatur antara kegiatan akademik dan persiapan acara, sebuah keterampilan yang sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari. Melalui keterlibatan dalam kegiatan ini, siswa memahami pentingnya dedikasi, disiplin, dan kerja keras, serta bahwa kesuksesan membutuhkan usaha dan komitmen yang konsisten.

Panitia Acara CC Cup 2024 (Dokumentasi Pribadi)

Lebih dari itu, Canisius College Cup menjadi sarana dan wadah untuk belajar berorganisasi bahkan bekerja secara profesional. Dalam setiap kegiatan, siswa diajarkan untuk bertindak dengan hati nurani yang bersih dan jujur. Misalnya, dalam proses persiapan dan pelaksanaan CC Cup, siswa dilibatkan dalam pengambilan keputusan yang etis dan bertanggung jawab, memastikan bahwa setiap tindakan mereka mencerminkan nilai-nilai moral yang tinggi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline