Sayur merupakan sumber pangan nabati yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Maka dari itulah mengapa mengkonsumsi sayur sangat penting untuk kesehatan manusia. Selain itu, dengan banyak mengkonsumsi sayur menjadi salah satu cara menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Ada banyak cara untuk mengkonsumsi sayur, yang paling umumnya adalah dengan mencampurkan beberapa macam sayur dan memasaknya bersama dengan air. Ada juga yang mengolahnya dengan cara direbus langsung atau dijadikan lalapan.
Namun, untuk yang satu ini sangatlah berbeda dan terbilang masih sangat jarang ditemui oleh masyarakat pada umumnya, yakni diolah menjadi keripik. Maka dari itu, olahan sayur yang satu ini disebut dengan keripik sayur. Hal inilah yang menjadi inovasi dari salah satu UMKM yang berada di Desa Kaumrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.
UMKM tersebut bernama Keripik Sayur ID. Mereka menawarkan cara paling berbeda untuk mengkonsumsi sayur, yang biasanya hanya dimasak lalu disantap bersama dengan nasi dan juga dijadikan lalapan, tetapi kali ini sayur bisa dijadikan cemilan untuk menemani waktu santai bersama keluarga atau teman-teman. Berbagai macam sayur, seperti wortel, jagung, kentang, ubi, okra, hingga bawang merah dan bawang putih menjadi produk andalan yang ada di Keripik Sayur ID.
Kali ini, mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam sebuah kelompok Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau PMM kelompok 101 gelombang 5 yang beranggotakan 5 orang mahasiswa, yakni Lusy Trianggraini (Psikologi/201910230311092), Yahya Muhaimin C. (Ilmu Komunikasi/201910040311119), Alexander Prabudiva A. (Ilmu Komunikasi/202010040311441), Haris Anugrah Ramadhan (Ilmu Komunikasi/202010040311410, dan Zikri Ramadhansyah (Ilmu Komunikasi/202010040311536) dengan dosen pembimbing lapangan Uun Zulfiana, M.Psi. melakukan kegiatan pengabdian dengan fokus program kerja pada product branding dan pemasaran dari UMKM yang ada di Desa Kaumrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Melalui kegiatan PMM ini juga kami berusaha untuk mengenalkan salah satu cara branding dari UMKM keripik sayur, yakni dengan membuat company profile. Dimana hal tersebut dimaksudkan untuk membuat profil dari UMKM keripik sayur agar dapat lebih banyak menjangkau lebih banyak konsumen. Sebagai salah satu tujuan dari UMKM ini agar dapat memenuhi pemasaran hingga ke seluruh kota di Indonesia, maka dengan adanya company profile diharapkan akan memudahkan UMKM tersebut dapat mencapai target dari pemasarannya tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H