Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Bahasa Indonesia Tidak Berkembang dengan Baik?

Diperbarui: 14 Maret 2023   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bahasa Indonesia  merupakan bahasa persatuan Indonesia yang disahkan setelah kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Sejak mulai saat disahkannya, secara resmi bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan dan bahasa ibu dari bangsa Indonesia, yang mana diharapkan bahasa Indonesia dapat menjadi  pemersatu perbedaan bahasa yang terjadi diantara masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia sendiri merupakan resapan dari bahasa Melayu yang dulunya sering digunakan karena bentuknya yang lebih sederhana dibandingkan dengan bahasa Jawa atau bahasa daerah lain.

Dalam perkembangannya mengikuti zaman, bahasa Indonesia nyatanya tidak cukup berkembang dengan baik. Hal itu dipicu karena adanya kecenderungan masyarakat lebih dominan menggunakan bahasa daerah masing-masing, serta mencampur kedua bahasa antara bahasa Indonesia dan bahasa daerah dalam berkomunikasi sehari-hari. Selain itu, arus globalisasi juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi masyarakat lebih menyukai bahasa asing dibandingkan menggunakan bahasa Indonesia. 

Bahkan menjadi sebuah fenomena besar dikalangan masyarakat, hingga dalam dunia karirpun bahasa asing menjadi suatu kecakapan yang harus dimiliki sebagai penunjang karir. Hal-hal ini juga yang menjadi indikator masyarakat lebih memilih untuk belajar bahasa asing dibanding bahasa Indonesia, banyak orang tua pun yang mengajarkan anak-anak mereka bahasa asing sejak dini,

Tidak berkembangnya penggunaan bahasa Indonesia yang terus dibiarkan tentu bukanlah suatu hal yang baik jika tidak diatasi, oleh karena itu ada upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam mengatasi hal ini demi terus menjaga eksistensi bahasa Indonesia. Dalam lingkup kecil peran lingkungan seperti, orang tua yang lebih membiasakan anak-anak untuk menggunakan bahsa Indonesia. Lingkup besar, dapat melalui dari menteri pendidikan agar meningkatkan pelajaran bahasa Indonesia pada pelajar baik dari usia TK sampai dengan Perguruan Tinggi. Juga Pemerintah yang diusahakan memberikan peyuluhan betapa pentingnya penggunaan bahasa Indonesia dalam sehari-hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline