Lihat ke Halaman Asli

Alesha Kinna

@alesha.kinna

Merasa Diri Tak Seberuntung Orang Lain, Bagaimana Menyikapinya?

Diperbarui: 21 Juni 2021   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dewasa ini, mungkin kebanyakan orang merasa dirinya tak seberuntung temannya atau kerabatnya. Mereka sudah ini itu dan diri sendiri belum apa-apa, merasa ada keterbatasan dan kekurangan. Namun tidak ada yang salah dengan perasaan ini. Mungkin karena cara kita saja yang kurang tepat untuk menghadapi situasi itu. 

Kini zaman sudah semakin modern, segala kejadian yang baik ataupun buruk lebih sering dishare ke sosial media. Dari hal itu, bisa membuat kita merasa senang, bahagia bahkan sedih, dan disitulah terkadang muncul perasaan yang membuat "diri sendiri tak seberuntung orang lain". Lantas bagaimana cara kita menghadapi perasaan-perasaan buruk itu?

1. Introspeksi Diri 

Memahami, mengenali, dan mengoreksi diri sendiri. Apa yang membuat kita merasa iri, sedih, menderita di atas kebahagian orang lain? Mengapa kita merasahan hal tersebut? Kapan kita mulai merasahan hal itu? Kepada siapa kita merasakan perasaan itu? Bagaimana cara kita agar tidak merasakah hal itu?

2. Mencari Jawaban

Dengan introspeksi diri, kita akan menemukan pertanyaan-pertanyaan mengenai bagaimana perasaan itu muncul. Oleh karena itu, carilah jawabannya! 

3. Lakukan Hal yang Lebih Berguna

Banyak kegiatan sehari-hari yang lebih bermanfaat daripada memikirkan betapa beruntungnya orang lain. Kita bisa melakukan aktivitas sesuai hobi, salah satunya memasak, menari, menulis, melukis, atau memotret.

4. Manusia Tidak Ada yang Sempurna

Ingat bahwa manusia tidak ada yang sempurna. Mereka punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang pandai menghitung tapi tidak bisa menari, pandai mendesain tapi tidak bisa berpidato, pandai melukis tapi tidak bisa menghitung, pandai berbicara di depan umum tapi tidak bisa bernyanyi. 

5. Kembangkan Kelebihan Diri Sendiri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline