Lihat ke Halaman Asli

Model Pembelajaran Jigsaw, Peningkatan Kompetensi Mengintegrasikan AntarAplikasi Perkantoran

Diperbarui: 16 Desember 2022   00:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENINGKATAN KOMPETENSI  MENGINTEGRASIKAN ANTAR APLIKASI PERKANTORAN  MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BAGI SISWA

KELAS  X DKV 1 SEMESTER SATU SMK N 1 KALIJAMBE

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Oleh : Fadhly Ardhi Ashari

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi mengintegrasikan antar aplikasi perkantoran melalui penerapan model kooperatif learning dengan model pembelajaran Jigsaw. Pada Capaian Pembelajaran mengintegrasi antar aplikasi perkantoran ini diharapkan akan dapat meningkat dengan adanya penerapan metode pembelajaran yang inovatif yaitu penerapan metode kooperatif learning dengan model Jigsaw.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan kepada 35 siswa yang sebelum  menggunakan model  pembelajaran Jigsaw diperoleh ketuntasan belajar sebesar 41,66 % dan setelah menerapkan model pembelajaran Jigsaw diperoleh ketuntasan sebesar 69,44 % pada siklus 1  dan  100 %  pada siklus 2.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan kompetensi mengintegrasikan antar aplikasi perkantoran melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw bagi siswa kelas X DKV 1 semester satu SMK N 1 Kalijambe Tahun Pelajaran 2022/2023.

 

Kata kunci : kompetensi mengintegrasikan aplikasi perkantoran, model pembelajaran jigsaw

PTK Fadhly Ardhi Ashari

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline