Lihat ke Halaman Asli

Aleq Dinillah

Hanya sebatas hamba amatir

Laa Tahzan, Allah Akan Memberimu Jalan

Diperbarui: 4 Januari 2022   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Semua manusia tentunya memiliki ujian yang menimpanya, ujian yang diberikan oleh allah itu untuk menguji tingkat keimanan seseorang, kehidupan ini tak jauh beda dengan Sekolah, sama halnya dengan anak sekolah untuk menuju jenjang selanjutnya sampai ia lulus ia harus melewati ujian-ujian yang diberikan oleh guru dan sekolah, jika ia mampu melewatinya maka ia akan naik ke tingkat berikutnya, guru juga tidak akan pernah menguji muridnya diluar batas yang telah ia ajarkan kepada sang murid.

Mau sealim dan sesholeh apapun manusia, semuanya pasti akan ditimpa cobaan, bahkan manusia setingkat nabi Muhammad-pun masih diberikan ujian dan cobaan oleh Allah bahkan melebihi cobaan yang diberikan kepada manusia biasa, maka dari itu, Allah dalam Al-qur'an tidak pernah berjanji bahwa jika kita bertaqwa maka kita akan terbebas dari ujian, tapi allah berjanji, jika kita bertaqwa maka kkta akan mendapatkan solusi atas semua ujian yang akan kita lalui.

Allah berfirman dalam surah albaqoroh, bahwa ia tidak akan pernah membebani hambanya diluar batas kemampuan seorang hamba, jadi, jika Allah sudah memberikan takdir berupa beban, ujian atu bahkan kebahagiaan, itu artinya engkau pasti bisa melewatinya, hanya saja terkadang engkau yang tak kuat dalam memerangi dirimu sendiri, (Hawa Nafsu). 

Maka dari itu, dikatakan juga bahwa orang yang kuat bukanlah orang yag mampu mengalahkan orang lain tapi orang yang kuat dan yang hebat adalah orang yang mampu mengalahkan dirinya sendiri.

Salah satu cara dan bahkan satu satunya cara agar kita dapat melalui sega ujian yang menimpa kita adalah dengan bertaqwa terhadap allah, sebagaimana allah firmankan "WaMan Yattaqillaha min Alrihi Yusro" . Barag siapa yang bertaqwa kepada Allah maka ia akan diberikan jalan keluar, atas segala apapun yang menimpanya.

jangan bersedih, Allah pasti akan memberikan jalan keluar dari segala apapun yang menjadi masalah dan ujian bagi kita, dengan konsekwensi,,, "Kita Harus Bertaqwa" terlebih dahulu.

Apa itu taqwa? sampai jumpa di artikel selanjutnya. :v :) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline