Lihat ke Halaman Asli

Widuri SalenaPutri

Mahasiswa/Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia

Diperbarui: 10 September 2023   18:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendahuluan

Guru ialah orang yang mendidik, melatih, membimbing dan mengembangkan kurikulum di dunia pendidikan agar dapat terciptanya kondisi pembelajaran yang kondusif, menarik dan juga dapat memberikan ruang kepada siswa agar bisa mengeluarkan kreativitas dalam mengeksplorasi kemampuannya. 

Mengingat dengan rendahnya kualitas pendidikan saat ini di Indonesia, maka guru yang profesional itu sangatlah diperlukan, karena guru yang profesional adalah faktor penentu dari pendidikan yang berkualitas. Guru harus mampu dalam menemukan jati diri yang sesuai dengan kemampuan dan kaidah-kaidah guru profesional. Oleh karena itu guru tidak hanya menjalankan profesinya tetapi juga harus menjalankan profesionalisme yang sesuai dengan aturan-aturan profesionalisme guru.

Sebagai guru yang professional, guru perlu menguasai empat kemampuan, yang pertama ada pedagogik, lalu ada kepribadian, sosial dan juga profesional. Guru yang inovatif juga mendukung sistem yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terlebih jika guru menguasai bahan ajar, dan rencana pembelajaran. Maka dari itu pengembangan profesional guru arus dilakukan guna meningkatkan kualitas pendidikan agar eksistensi pendidikan yang baik tetap ada.

Profesionalisme guru memegang peranan penting dalam membentuk mutu pendidikan dan hasil belajar siswa. Di Indonesia, terdapat pengakuan yang semakin besar akan kebutuhan untuk meningkatkan profesionalisme guru untuk memenuhi tuntutan sistem pendidikan yang terus berkembang. Esai ini akan mengeksplorasi keadaan profesionalisme guru di Indonesia saat ini, menyoroti pentingnya, mendiskusikan inisiatif pemerintah dan kebijakan yang mendukung pengembangan profesional, memeriksa program pengembangan profesional berkelanjutan yang tersedia, menekankan pentingnya kolaborasi dan peluang jaringan bagi guru, menganalisis evaluasi guru. dan mekanisme umpan balik, mengidentifikasi tantangan umum yang dihadapi guru dalam mengembangkan profesionalismenya, dan menawarkan solusi atau strategi potensial untuk mengatasi tantangan tersebut.

Kondisi profesionalisme guru di Indonesia saat ini diwarnai dengan berbagai tantangan dan persoalan. Menurut Maryanto dkk (2022), salah satu tantangan utama adalah tidak adanya kode etik yang komprehensif yang memandu perilaku guru dan mempromosikan perilaku profesional. Kurangnya bimbingan ini dapat menghambat pertumbuhan profesional mereka dan berdampak pada keefektifan mereka sebagai pendidik. 

Mustofa (2012) berpendapat bahwa tantangan lain terletak pada terbatasnya kesempatan bagi guru untuk terlibat dalam kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Banyak guru tidak memiliki akses ke program pelatihan yang relevan atau sumber daya yang dapat mendukung pembelajaran berkelanjutan dan peningkatan keterampilan mereka.

Pembahasan 

 1. Pentingnya Mengembangkan Profesionalisme Guru 

Peningkatan profesionalisme guru sangat penting karena beberapa alasan. Pertama dan terutama, itu berdampak langsung pada hasil belajar siswa. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa praktik pengajaran yang efektif dihasilkan dari para profesional terlatih yang memiliki pengetahuan mata pelajaran yang mendalam, keahlian pedagogis, keterampilan komunikasi yang kuat, dan komitmen untuk perbaikan berkelanjutan (Saripudin dkk, 2021). 

Selain itu, meningkatkan profesionalisme guru dapat secara positif memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan dengan menarik individu berbakat ke dalam karir mengajar dan mempertahankan pendidik berpengalaman dalam profesi tersebut (Eliza dkk, 2022). Ketika guru merasa dihargai dan didukung dalam pertumbuhan profesionalnya, mereka cenderung tetap termotivasi dan berdedikasi untuk kesuksesan siswanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline