Pandemi Covid-19 menyebabkan disrupsi masif dalam pengaplikasian teknologi dan fitur baru di semua sektor industri. Adapun pemanfaatan teknologi baru ditujukan untuk mengurangi kontak fisik antarmanusia.
Salah satu sektor yang mulai menerapkan ragam teknologi baru adalah industri perhotelan atau hospitality. Fasilitas berteknologi tinggi, seperti kontrol kamar otomatis kini dipandang sebagai suatu kebutuhan.
Namun, investasi teknologi pada industri perhotelan tidak hanya difokuskan pada standar kenyamanan dan kemudahannya saja, tetapi juga pada solusi yang memungkinkan hotel dapat lebih mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan wabah pandemi di masa depan.
Beberapa teknologi baru yang mulai diterapkan adalah check-in/out secara online, penggunaan smartphone sebagai kunci virtual, berbicara dengan resepsionis menggunakan smartphone, dan kemampuan untuk pengoperasian hiburan di kamar tanpa sentuhan, seperti sistem pengaturan pencahayaan, suhu, serta tirai.
Dari sudut pandang pemilik hotel, tren menuju percepatan integrasi teknologi kontrol kamar otomatis menghadirkan tiga peluang untuk pertumbuhan bisnis baru.
Pertama, meningkatkan kenyamanan tamu. Solusi kontrol kamar dapat dikonfigurasi para tamu agar tamu dapat mengunduh aplikasi sederhana yang memungkinkan kontrol pribadi melalui smartphone.
Kedua, meningkatkan operasional dan efisiensi energi. Solusi kontrol ruangan memungkinkan penggunaan energi di dalam ruangan dapat disesuaikan secara otomatis, berdasarkan parameter ruangan dalam status "ditempati" atau "tidak ditempati".
Sensor di kunci pintu dan langit-langit akan mendeteksi kehadiran tamu. Bila tamu meninggalkan ruangan, lampu akan mati secara otomatis, suhu pendingin ruangan akan menyesuaikan, dan tirai secara otomatis tertutup untuk menghemat energi.
Ketiga, pemeliharaan yang lebih cepat dan lebih responsif. Staf pemeliharaan dapat mengidentifikasi masalah dari jarak jauh sebelum memasuki ruangan dan dapat cepat mengatasinya tanpa mengganggu tamu.
Keterbukaan, fleksibilitas, dan keandalan
Saat menjelajahi pasar untuk mencari solusi manajemen kamar tamu terbaik, pemangku kepentingan hotel harus mempertimbangkan empat aspek solusi penting yang memungkinkan pengendalian biaya sekaligus meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan tamu: