Dalam beberapa bulan terakhir, dunia mengalami disruptif yang sangat masif terkait pola dan waktu bekerja. Pasalnya, banyak perusahaan yang kini lebih memilih untuk membebaskan karyawannya untuk bekerja dari mana saja. Hal terpenting, pekerjaan tuntas sesuai deadline yang ditentukan.
Dengan kebijakan tersebut, sedikit banyak perusahaan bisa menghemat biaya pengeluaran untuk penyewaan gedung. Namun, tantangan selanjutnya sudah menanti ketika pandemi usai dan istilah "return-to-work" atau kembali bekerja di kantor akan mengemuka.
Dalam menghadapi tantangan tersebut, perusahaan perlu menerapkan strategi tertentu untuk mempertimbangkan jarak sosial yang perlu diterapkan, menghindari kepadatan kantor, mengutamakan keselamatan dan kesehatan, serta mengoptimalkan kolaborasi tim dengan situasi terbatas.
Jarak sosial dan kepadatan kantor
Meskipun sebagian besar kantor sudah mulai mengubah ruangannya lebih terbuka, karyawan harus tetap memperhatikan protokol jaga jarak dari rekan kerja dan menggunakan meja kerja yang sudah dibersihkan sebelumnya.
Namun, bagaimana karyawan bisa tahu kalau meja tersebut sudah dibersihkan atau belum? Melansir situs resmi Schneider Electric, teknologi penginderaan (sensing technology) dan analitik digital (digital analytic) dapat dimanfaatkan. Dua teknologi itu akan membantu karyawan memvisualisasikan informasi akurat yang menunjukkan kapan ruang dibersihkan sejak penggunaan terakhirnya.
Keamanan dan kesehatan di ruang kerja
Protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu saat memasuki gedung harus senantiasa diterapkan dengan disiplin dalam menyambut era return-to-work. Namun, untuk pemanfaatan teknologi yang lebih mutakhir, perusahaan bisa menggunakan teknologi kamera termal pendeteksi suhu yang dapat diletakkan di pintu masuk lobi.
Hal ini tentu akan mengurangi biaya penambahan petugas yang harus selalu berjaga di pintu masuk. Sebab, dengan kamera termal, sistem dapat secara otomatis mendeteksi orang yang memiliki suhu tinggi dan petugas hanya perlu menindaklanjuti bila ditemukan kasus tersebut.
Kolaborasi tim
Untuk menghindari kepadatan ruang kantor yang dapat merugikan seluruh karyawan, perusahaan perlu mempertimbangkan penggunaan teknologi Schneider Electric's Workplace Advisor dan connected room solution. Dengan teknologi ini, sistem akan membantu menginformasikan kondisi ruangan secara real-time, apakah jumlah karyawan yang berada di satu ruangan sudah melebihi batas maksimal yang ditentukan atau tidak.
Selain itu, teknologi tersebut bisa mengatur aliran udara dan volume udara segar secara otomatis sesuai jumlah orang yang berada pada ruangan.
Bisa dibilang, ruang kerja yang fleksibel, terhubung (connected), dan sehat merupakan kebutuhan semua elemen karyawan dan perusahaan bisa memanfaatkan teknologi--teknologi canggih untuk mewujudkannya.