Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Interpersonal Communication

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Interpersonal communication atau komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antarperorangan dan bersifat pribadi, baik yang terjadi secara langsung (tanpa medium) ataupun tidak langsung (melalui medium). Kegiatan-kegiatan seperti percakapan tatap muka (face to face communicacion), percakapan melalui telepon, surat menyurat pribadi, merupakan contoh-contoh komunikasi antarpribadi. Teori-teori komunikasi umunya memfokuskan pengamatanya pada bentuk-bentuk dan sifat hubungan (relationship), percakapan (discourse), interaksi, dan karateristik komunikator.

Interpersonal communication merupakan komunikasi antar pribadi yang sangat tepat untuk menemukan siapa diri kita dan siapa diri orang yang berkomunikasi dengan kita, biasanya disaat kita melakukan komunikasi interpersonal kita akan berkomunikasi secara terbuka sehingga membuat kita mengetahui siapa diri kita dan orang lain. Interpersonal communication sangat diperlukan untuk menjaga suatu hubungan dengan orang lain karena interpersonal communication adalah cara yang paling efektif umtuk mengetahui kepribadian seseorang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline