Lihat ke Halaman Asli

Aldy Santo Hegiarto

Lecture and Enterpreneur

Kinerja Karyawan Ditinjau dari Aspek Kompensasi

Diperbarui: 21 Juni 2024   09:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kinerja Karyawan Ditinjau Dari Aspek Kompensasi 

 

 Pengertian Kinerja Karyawan

 Kinerja karyawan menurut Siagian dalam Fachrezi dan Hazmanan (2020:109) menjelaskan definisi kinerja karyawan ialah "sebuah hasil pekerjaan yang dicapai selama waktu tertentu." Sedarnayanti dalam Burhanudin, dkk. (2019:192) menyatakan kinerja karyawan adalah "capaian seseorang atau kelompok dalam suatu organisasi dalam merampungkan tugas dan tanggung jawabnya guna mencapai cita-cita organisasi secara sah, tanpa melanggar hukum, serta bermoral dan beretika."

 Kinerja karyawan menurut Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia dalam Tri Maryati (2020:7) mengatakan, kinerja karyawan adalah "suatu pencapaian pada tingkat tertentu dalam suatu pekerjaan, program, kebijakan yang selaras dalam perwujudan sasaran, visi-misi, serta tujuan perusahaan." Menurut kasmir dalam Fachrezi dan Hazmanan(2020:109) memaparkan bahwa kinerja merupakan hasil kerja dan perilaku kerja seseorang dalam suatu periode.

Berdasarkan definisi menurut para ahli maka disimpulkan bahwasanya kinerja karyawan ialah hasil yang dapat terlihat dari segi kuantitas dan kualitas atas pelaksanaan tanggung jawab dari tugas-tugas yang dibebankan kepada karyawan dalam satu periode waktu dengan mematuhi setiap aturan yang berlaku dan memperhatikan moral, serta etika dalam mewujudkan tujuan perusahaan.

Kriteria Kinerja Karyawan 

Terdapat tiga kriteria kinerja karyawan menurut Schuler dan Jackson dalam Prinsa (2017:49) pada buku Manajemen Kinerja Pegawai, yaitu:

(1) Sifat          

Merupakan Kriteria yang memfokuskan mengarah pada ciri-ciri personal seorang karyawan seperti: kendala, kemampuan, loyalitas, serta cara berkomunikasi.

(2) Perilaku

Kriteria ini lebih berfokus pada bagimana cara kerja seseorang karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya dan hubungan yang terjalin dengan karyawan lainnya untuk saling berkolaborasi.

(3) Hasil

Kriteria ini lebih menekankan pada sesuatu apa yang telah dicapai atau dihasilkan, dengan demikian akan semakin menekan tingkat produktivitas dan daya saing yang semakin tinggi.

  • Keahlian dan kemampuan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline