Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yaitu serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan, acuan beserta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah (Aji et al., 2020).
Menurut (Ajeng Esa Sherina & Musaddad Alfani, 2022) Strategi adalah keseluruhan konsep bagaimana sebuah perusahaan mengatur dirinya sendiri dan semua kegiatan dengan tujuan agar bisnis yang dijalankan berhasil, melakukan persaingan, dan melakukan imbal hasil kepada pemegang saham.
Sedangkan strategi pemasaran menurut Eliyana dalam (Ni Luh Gede Sari Marta Kyana et al., 2023) strategi pemasaran adalah sebuah rencana pemasaran yang digunakan untuk menentukan pasar dan konsep bauran pemasaran bahwa terdapat dua bagian yang berhubungan dengan strategi pemasaran yaitu pasar sasaran dan bauran pemasaran.
Sebuah strategi pemasaran harus memiliki fungsi. Menurut Yowanda dalam (Ni Luh Gede Sari Marta Kyana et al., 2023) fungsi pemasaran adalah untuk mencapai sasaran bisnis dengan menghasilkan penjualan jasa atau produk yang dapat menguntungkan pasar sasaran. Fungsi pemasaran ini dapat dijadikan pedoman oleh para manajer untuk menentukan apa yang dijual, kepada siapa akan dijual, dimana akan dijual, bagaimana cara menjualnya.
Strategi pemasaran adalah sebuah alat dasar yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan cara mengembangkan keunggulan kompetitif melalui program pemasaran yang digunakan. Dapat disimpulkan strategi pemasaran adalah prosedur pemasaran yang terstruktur dan terencana yang dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan.
Aspek Strategi Pemasaran
Aspek strategi dalam strategi pemasaran meliputi segmentasi pasar (segmentation), target pasar yang tepat (targeting), dan penentuan posisi (positioning). Aspek tersebut harus dijalankan dengan baik, dalam rangka memenangkan perang pemikiran, dan bagaimana untuk menang dibenak konsumen.
Segmentasi Pasar
Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong dalam (Siti Riana, 2023) ada banyak jenis konsumen, produk dan permintaan yang dipasar oleh karena itu pemasar harus mengidentifikasi sektor pasar mana yang memiliki potensi tersebar. Perilaku konsumen dapat dicirikan dan disediakan dalam berbagai cara berdasarkan faktor regional, demografis, segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang berbeda dengan berbagai pedoman, karakteristik atau perilaku yang mungkin memerlukan berbagai barang atau kamapanye pemasaran.
Penetapan Target Pasar