Lihat ke Halaman Asli

Aldy Santo Hegiarto

Lecture and Enterpreneur

Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli

Diperbarui: 5 April 2024   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

STUDI LITERATUR PENELITIAN (EKSTRAK BAB II ) 

Analisis kualitas produk

Kualitas adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan tersirat (Kotler dan Keller, 2019:143). Perusahaan harus selalu meningkatkan kualitas produk atau jasanya karena peningkatan kualitas produk bisa membuat pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa yang diberikan dan akan mempengaruhi pelanggan untuk membeli kembali produk tersebut.

Menurut Kotler dan Amstrong (2019:272) "Kualitas produk (product quality) adalah salah satu sarana positioning utama pemasar. Kualitas mempunyai dampak langsung pada kinerja produk atau jasa; oleh karena itu, kualitas berhubungan erat dengan nilai dan kepuasan pelanggan. Dalam arti yang lebih sempit, kualitas bisa didefinisikan sebagai 'bebas dari kerusakan'. Tetapi sebagian besar perusahaan berpusat pada pelanggan melangkah jauh melampaui definisi sempit ini. Justru, mereka mendefinisikan kualitas berdasarkan penciptaan nilai dan kepuasan pelanggan.

Kualitas adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan tersirat (Kotler dan Keller, 2019:143). Produk memiliki arti segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan maupun kebutuhan, termasuk barang fisik, jasa pengalaman, acara, orang, tempat, properti, organisasi, Informasi dan ide

Menurut Kotler dan Keller (2019:8-10) kualitas produk memiliki indicator-indikator sebagai berikut: Bentuk, Fiture, Penyesuaian, Kualitas Kerja, Kualitas kesesuaian, Ketahanan, Keandalann, Kemudahanan, Gaya ,Desain

Berdasarkan penjelasan di atas, kualitas produk dapat diukur dengan 10 (sepuluh) indikator tersebut. Setiap produsen dapat menggabungkan beberapa indikator tersebut dalam suatu inovasi produk, yang mana mempunyai nilai keunggulan lebih dibandingkan produk lainya, sehingga memiliki nilai keunggulan dibandingkan produk pesaing lainnya.

Promosi

Kotler dan Armstrong (2019:63)  berpendapat bahwa "promosi merupakan kegiatan dalam upaya menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Promosi merupakan salah satu faktor penentu mengenai keberhasilan program pemasaran. Jika konsumen belum pernah mendengar atau mengetahui produk yang ditawarkan perusahaan dan juga manfaat yang akan diterima oleh konsumen, maka konsumen tidak akan pernah membeli produk yang ditawarkan" 

Menurut Kotler dan Keller dalam (Simamora 2018) promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), dan mengingatkan (to remind) pasar sasaran tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu ataupun rumah tangga

Kegiatan promosi bisnis merupakan bagian dari strategi yang sangat diperlukan dalam sebuah bisnis, baik bisnis kecil maupun bisnis yang sudah berkembang. Promosi adalah kegiatan pendukung strategi pemasaran yang sengaja diadakan untuk menginformasikan para konsumen mengenai produk atau jasa dengan brand tertentu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline