Lihat ke Halaman Asli

Ketidakpastian Cincin Tahun Sang Tanaman

Diperbarui: 19 September 2017   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo para pembaca setia, pada artikel kali ini Penulis akan membahas tentang lingkaran tahun pada tumbuhan, semoga kalian tidak bosan dengan artikel buatan Penulis ini, baiklah daripada berbasa basi, akan Penulis mulai artikel Penulis kali ini. Sebelumnya tolong ingat pertanyaan ini "Sejauh mana anda setuju bahwa lingkaran tahun pada batang dikotil tidal lagi valid untuk dijadikan patokan usia tanaman". Pertanyaan ini akan Penulis jawab setelah Penulis menjelaskan tentang apa itu lingkaran tahun dan asal mula lingkaran tahun. Baiklah langsung saja Penulis mulai.

Lingkaran tahun adalah lingkaran yang terbentuk akibat pertumbuhan sekunder yang berlapis lapis dikarenakan pergantian keadaan lingkungan. Setelah tahu apa itu lingkaran tahun mari kita bahas proses terbentuknya lingkaran tahun. Penulis disini akan menggunakan contoh pohon jati, lingkaran tahun pada pohon jati terbentuk akibat dari pertumbuhan kambium gabus yang berlangsung tidak sepanjang tahun, kambium sendiri artinya adalah jaringan meristem pada tumbuhan yang sel selnya masih aktif membelah dan bertanggung jawab untuk pertumbuhan sekunder pada tumbuhan.

Pertumbuhan kambium gabus tadi hanya berlangsung pada musim hujan karena saat musim hujan kebutuhan air dan unsur hara dalam tanah berlimpah untuk pertumbuhan tanaman tersebut. Dengan proses seperti inilah akan terbentuk sutu lingkaran yang kita sebut lingkaran tahun. Perlu diingat juga bahwa lingkaran tahun hanya ada pada tanaman yang mempunyai kambium. Sementara itu hanya ada 2 kelompok tumbuhan yang memiliki kambium yaitu dari beberapa kelompok Gymnospermae(berbiji terbuka) dan kelompok tumbuhan dikotil(tumbuhan berbunga yang berkeping dua. Ada 4 struktur pada batang dikotil yaitu:

  • Epidermis
  • Jaringan yang tersusun dari lapisan sel sel yang menutupi permukaan organ tumbuhan dan berfungsu untuk melindung tumbuhan
  • Korteks
  • Terdiri dari beberapa lapisan sel dan biasa disebut kulit pertama setelah epidermis, yang paling dekat dengan epidermis tersusun dari jaringan kolenkim dan yang bawahnya tersusun dari parenkim
  • Endodermis
  • Tersusun atas satu lapis sel dan disebut juga kulit dalam, endodermis merupakan lapisan pemisah antara korteks dengan stele.
  • Stele(Silinder Pusat)
  • Lapisan terdalam pada batang. Lapisan terluar stele disebut perisikel/perikambium, pada stele terdapat xylem dan floem.

Fungsi batang pada tumbuhan adalah untuk tempat perlintasan air dan unsur hara dari tanah, untuk menegakkan tumbuhan, dan juga sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.

Sekarang mari kita kembali membahas tentang lingkaran tahun.

Terbentuknya lingkaran tahun selain disebabkan oleh kambium juga disebabkan oleh musim. Perkembangan kambium saat musim hujan dan musim kemarau tentunya berbeda. Pada saat musim hujan kambium menjadi semakin cepat berkembang membelah sel ke dalam dan keluar. Pembelahan sel yang kedalam akan membentuk xylem(berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari dalam tanah) dan pembelahan keluar akan membentuk floem(berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis tanaman tersebut).

Lingkaran tahun yang ada pada batang merupakan perbanyakan dari sel xylem yang ukurannya lebih besar dari floem saat musim hujan, xylem akan bertumbuh lebih cepat dikarenakan air yang diserap tanah meningkat. Sedangkan saat musim kemarau, kemampuan kambium untuk mebentuk xylem tentu akan berkurang dan menyebabkan garis pada lingkaran tahun tipis dikarenakan berkurangnya kebutuhan dan intensitas air yang diserap, maka saat musim kemarau xylem berukuran lebih kecil daripada saat musim hujan. Sehingga dapat terlihat ada lingkaran berwarna coklat tua dan coklat muda, lingkaran itu menunjukan usia tanaman tersebut.

Setelah Penulis menjelaskan tentang apa itu lingkaran tahun, sekarang Penulis akan mengemukakan pendapat Penulis berdasarkan pertanyaan yang Penulis ajukan di awal kalimat tadi, apakah kalian sudah lupa? Kalau sudah lupa Penulis tulis kembali "Sejauh mana anda setuju bahwa lingkaran tahun pada batang dikotil tidal lagi valid untuk dijadikan patokan usia tanaman" sekarang akan Penulis mulai dari setuju atau tidaknya Penulis dengan pernyataan ini. Penulis pastinya setuju dengan pernyataan ini. Kenapa? Sebelumnya Penulis jelaskan sedikit mengenai faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman:yang pertama adalah suhu/temperatur yang bisa memepengaruhi proses fotosintesis, transpirasi dan respirasi.

Yang kedua adalah cahaya matahari dibutuhkan sebagai energi untuk melakukan fotosintesis. Yang ketiga adalah Air,keasaman tanah(pH) dan oksigen untuk menjaga tekanan turgor dan yang terakhir adalah nutrisi untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan. Kita akan menggunakan faktor eksternal tadi sebagai bahasan dalam argumen Penulis kali ini yang pertama adalah tentang pH atau keasaman tanah. Karena ketidakvalidan ini disebabkan oleh ulah manusia sendiri ternyata.

Sebagai contoh akibat perkembangan teknologi pada zaman serba modern manusia dengan mudahnya bisa membuat pupuk kimia yang menyebabkan pH tanaman tidak pada pH yang semestinya, tanaman tidak dapat menyerap 100% pupuk kimia pasti ada sisa sisa yang tidak bisa diserap tumbuhan, dari sisa sisa itu bila terkena air akan menempel dan mengikat di tanah sehingga tanah akan menjadi seperti lem/semen, setelah kering tanah akan sangat lengket satu dengan yang lain dan juga keras.

Akibatnya tanah kehilangan organisme pembentuk unsur hara dalam tanah mati termasuk cacing yang bisa menjadi penggembur tanah,jika hal ini terjadi terus menerus tanah tidak akan bisa menyediakan makanan bagi tumbuhan sehingga sangat bergantung pada pupuk kimia tersebut. Tidak hanya itu karena terserap ke tanah maka makhluk hidup air di dekat area itu menjadi tercemar karena pupuk kimia mengandung zat berbahaya bagi kehidupan air yaitu nitrat dan fosfat sehingga pertumbuhan ganggang di air meningkat dan menurunkan oksigen, seperti yang kita tahu kalau oksigen juga dibutuhkan tumbuhan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline