Tren komunikasi bisa dibilang setiap tahunnya terus berubah-ubah seiring perkembangan jaman. Tak ada yang bisa memprediksi 100% bagaimana tren ini akan berkembang.
Pada tahun 2022 sendiri, sudah hadir beberapa tren komunikasi bisnis yang tentunya bisa dibilang tidak jauh berbeda pada 2021 lalu. Mungkin perbedaan paling terasa hanya pada platform komunikasi yang akan digunakan.
Bisnis yang peduli pada komunikasi, tentunya akan melakukan cara untuk menyesuaikan tren komunikasi bisnis pada bisnis mereka agar mereka tidak tertinggal dan bisa dibilang masih relevan.
Lalu, apa saja sebenarnya tren komunikasi pada 2022 yang sudah hadir? Berikut ini penjelasan mengenai tren komunikasi pada 2022 yang sudah ada yah. Yuk simak!
1. Pelanggan Ingin Direspon Lebih Cepat
Siapa yang suka menunggu lama untuk mendapatkan jawaban? Tentu tidak ada. Begitu juga dengan pelanggan bisnis.
Baik bertanya maupun mengajukan keluhan, pelanggan ingin bisnis bisa lebih cepat dalam merespon kebutuhan mereka. Bahkan, studi Super Office mengungkapkan bahwa kecepatan respon komunikasi bisnis merupakan hal yang paling penting dari aspek pelayanan bisnis.
Respon yang cepat ini merujuk pada respon percakapan oleh manusia. Bagi bisnis yang hanya mengandalkan chatbot untuk melayani kebutuhan pelanggan, tentunya hal ini akan berimbas buruk pada mereka.
Setidaknya, jika tidak instan, pelanggan akan memberikan tenggat waktu hingga satu jam sebelum akhirnya mereka akan memiliki penilaian yang buruk pada bisnis tersebut.
2. Komunikasi Antara Bisnis dan Pelanggan Akan Menjadi Sosial dan Komunal