Lihat ke Halaman Asli

Mendengar, Skill Utama dalam Customer Service

Diperbarui: 26 Oktober 2021   00:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Drobotdean di Freepik

Customer service yang baik sangat menentukan tingkat loyal customer dan returning customer.

Pasalnya, tanpa customer service yang baik, banyak pelanggan seringkali enggan melanjutkan berbisnis dengan suatu perusahaan.

Kendati demikian, banyak bisnis yang masih belum menerapkan strategi customer service secara lebih serius dan benar. Alias masih asal-asalan.

Entah karena bisnis tersebut tidak tahu bagaimana menciptakan customer service yang baik, atau malah meremehkan dampak customer service bisnis.

Jika alasannya karena meremehkan, bisnis perlu mengevaluasi ulang strategi yang dilakukannya.

Namun, kalau tidak tahu, bisnis perlu memahami bagaimana mereka harus memulai.

Dilansir dari blog Wappin tentang strategi customer service dalam menghadapi masalah dan keluhan pelanggan, mendengar menjadi skill utama customer service yang baik.

Alasannya bermacam-macam, mulai dari yang bersifat prosedural hingga non-prosedural.

Apa saja itu? Mari kita bahas.

Mendengar penting untuk memahami masalah pelanggan

Pelanggan sering datang dengan pertanyaan atau permasalahan. Dan customer service adalah garda terdepan yang menghadapinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline