Lihat ke Halaman Asli

Macam-macam Dimensi Filsafat Ilmu

Diperbarui: 18 Oktober 2019   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Dimensi Ontologi

Dimensi Ontologi ini merupakan cabang dari Ilmu filsafat yang mempelajari prinsip paling dalam dari sesuatu yang ada, dan sama halnya dengan prinsip yang harus digali lebih dalam lagi untuk diperjelas maknanya bahwa itu ada. Misalnya, Ada terbatas, individu, umum, dan tidak terbatas.

2. Dimensi Aksiologi
Dimensi ini membahas tentang teori suatu nilai, dimana nilai tersendiri mempunyai atau memiliki arti suatu yang dimiliki oleh seorang manusia untuk melakukan keseteraan atau pertimbangan tentang apa yang dinilai. Objek dalam dimensi aksiologi sendiri adalah:

1. Nilai Moral
2. Nilai Estetika (Keindahan)
3. Nilai Agama

3. Dimensi Epistemologi
Dimensi ini ialah teori yang membahas tentang pengetahuan dan itu termasuk dalam cabang Filsafat. Epistemologi meliputi diantaranya, Sumber, Sarana dan Tata cara untuk menggunakan sarana tersebut dalam mencapai pengetahuan secara ilmiah.

4. Rasionalisme
Dimensi Rasionalisme ialah pandangan yang didalamnya tersebut terdapat sebuah pembenaran dan suatu pengetahuan. Dan untuk membahas tentang teori pembenaran dan suatu pengetahuan maka dimensi rasionalisme sangat berperan penting.

5. Empirisme
Pengertian adalah menurut ahli seorang filsuf mengatakan bahwa empirisme merupakan aliran dalam suatu filsafat yang mempunyai pandangan bahwa pengetahuan secara khusus atau secara menyeluruh didasarkan pada pengalaman yang menggunakan Indera.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline