Lihat ke Halaman Asli

Aldito Hermawan

Saya adalah Mahasiwa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dari Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri angkatan 2019

KKN UNTAG Surabaya Melakukan Sosialisasi Perancangan SOP di UMKM Warung Mewah

Diperbarui: 14 Januari 2023   09:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Blitar, 10 Januari 2023 -- Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program Tri Dharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar oleh 31 mahasiswa yang berfokus kepada pengabdian masyarakat. Kegiatan ini berlangsung selama 12 hari dimulai dari tanggal 4 Jauari 2023 sampai dengan 15 Januari 2023. Pada KKN tahun 2023 kampus merah putih mengusung tema "Sosialasi dan Pendampingan Operasional Aplikasi Simple Berseri Sebagai Bentuk Digitalisasi Menuju Smart Village Desa Minggirsari"

Kegiatan KKN ini dilakukan oleh Aldito Hermawan selaku mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri kelompok KKN R13 pada Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Kegiatan ini dibimbing oleh Ardhi Islamudin.,SE.,MA selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada kelompok KKN R13.

UMKM Warung Mewah adalah  UMKM di Minggirsari yang berada di pinggir desa Minggirsari atau di pinggir sawah. Maka dari itu kata "Mewah" berasal dari kata "Mepet Sawah" atau dekat sawah.

Dok. pribadi

Warung Mewah memiliki beberapa outlet dan sementara sekarang  masih berdiri satu outlet yaitu kedai susu dan kopi. Tujuan buku panduan perancangan SOP ini adalah untuk membantu  melancarkan jalannya usaha yang akan berdiri di outlet-outlet yang belum terisi dan mempunyai acuan/pegangan untuk mengefektifkan operasi jalannya usaha dengan standar yang telah diperhitungkan.

Adanya pembuatan buku panduan perancangan SOP membuat mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya membentuk program kerja KKN yaitu buku panduan. Pembuatan buku panduan dibuat melalui aplikasi Microsoft Word dan Canva dimana memudahkan mahasiswa untuk mendesain cover buku yang diinginkan, berikut merupakan contoh cover buku panduan perancangan SOP.

Dok. pribadi

Buku panduan perancangan SOP ini berisi tentang pengertian, latar belakang, tata cara membuat SOP , dan contoh SOP barista yang sudah dibuat sendiri oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Contoh SOP barista dibuat untuk kedai susu dan kopi sebagai acuan/pegangan untuk pengoperasian usaha supaya lebih efektif dan  memperoleh hasil yang maksimal.

#UntagSurabaya 

#KitaUntagSurabaya 

#UntukIndonesia 

#UntagSurabayaKeren 

#EcoCampus 

#KampusKompeten




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline