Lihat ke Halaman Asli

Aldiono Pratama

Karyawan tidak tetap sebagai Staff SEO

Cara Membuat Brownies Coklat Panggang: Enak dan Mudah!

Diperbarui: 21 Agustus 2023   20:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Siapa yang bisa menolak kelezatan brownies coklat panggang? Kombinasi sempurna antara rasa coklat yang kaya dan tekstur lembut membuat brownies menjadi camilan favorit banyak orang. Jika Anda ingin mencoba membuat brownies coklat panggang sendiri di rumah, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti.

Cara Membuat Brownies Coklat Panggang

Berikut ini adalah cara membuat brownies coklat panggang yang pasti nya enak dan lezat!

Bahan-Bahan :

  • 200 gram coklat pekat, cincang halus
  • 150 gram mentega tawar
  • 200 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 30 gram bubuk kakao
  • Sejumput garam
  • 100 gram coklat batangan, dipotong-potong (opsional)
  • Kacang kenari cincang (opsional)

Langkah-Langkah :

1. Persiapan Oven dan Loyang

Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180°C. Siapkan loyang persegi dengan ukuran sekitar 20x20 cm. Olesi bagian dalam loyang dengan mentega atau alasi dengan kertas roti untuk memudahkan melepaskan brownies setelah dipanggang.

2. Cairkan Coklat dan Mentega

Lelehkan coklat pekat dan mentega dalam mangkuk tahan panas di atas panci air mendidih (metode double boiler). Aduk-aduk hingga coklat dan mentega sepenuhnya meleleh dan tercampur rata. Setelah cair, angkat dari panas dan biarkan sedikit mendingin.

3. Tambahkan Gula dan Telur

Setelah campuran coklat dan mentega agak dingin, tambahkan gula pasir. Aduk hingga gula larut dalam campuran. Tambahkan telur satu per satu sambil terus diaduk. Pastikan setiap telur tercampur rata sebelum menambahkan yang berikutnya.

Jelajahi lebih lanjut : Untuk menjelajahi lebih lanjut klik di sini


4. Tambahkan Bahan Kering

Dalam mangkuk terpisah, campurkan tepung terigu, bubuk kakao, dan sejumput garam. Ayak campuran bahan kering ke dalam campuran coklat secara bertahap. Aduk dengan lembut hingga semua bahan tercampur tanpa adanya gumpalan tepung.

5. Tambahkan Vanila dan Bahan Tambahan (Opsional)

Tuangkan ekstrak vanila ke dalam adonan dan aduk rata. Jika Anda ingin menambahkan potongan coklat atau kacang kenari, inilah saatnya. Lipat bahan tambahan tersebut ke dalam adonan.

6. Panggang Brownies

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan dan ratakan permukaannya. Jika Anda ingin, taburkan potongan coklat atau kacang kenari di atas adonan. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan selama sekitar 20-25 menit atau hingga bagian atas brownies tampak kering dan retak-retak. Jangan terlalu lama memanggang agar teksturnya tetap lembut.

7. Dinginkan dan Potong

Setelah dipanggang, keluarkan loyang dari oven dan biarkan brownies mendingin dalam loyang selama beberapa menit. Kemudian, angkat brownies dari loyang dan letakkan di atas rak kawat untuk mendinginkan sepenuhnya. Setelah dingin, potong-potong brownies menjadi ukuran yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline