Lihat ke Halaman Asli

Aldin Falah

Lawan rasa malas,Bangun motivasi, Bagikan inspirasi

Permasalahan hingga Pentingnya Feminisme di Indonesia

Diperbarui: 3 November 2022   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi: feminisme. (sumber: pixabay.com/TotumRevolutum)

Sebelum kita masuk ke dalam materi, perlu kita ketahui apasih feminisme itu? 

Feminisme merupakan gerakan perempuan atau sebuah ideologi demi mengambil hak haknya sehingga dapat terciptanya kesetaraan gender dan adanya keadilan bagi kaum perempuan dalam berbagai hal akan tetapi bukan untuk melebihi kodrat seorang laki-laki.

Dengan lahirnya gerakan feminisme ini di Indonesia muncul karena adanya suatu prasangka bahwa laki laki ini adalah seseorang yang paling kuat sehingga menomorduakan posisi perempuan. 

Karena pada kenyataannya laki laki hanya menyepelekan peran perempuan. Pemikiran seperti itulah yang membuat para perempuan untuk memperjuangkan hak hak mereka agar mendapatkan kedudukan yang sederajat dengan laki-laki.

Peran perempuan di Indonesia sebenarnya dapat menjadi posisi yang tepat apabila berbarengan dengan pemenuhan hak-hak dan kewajiban yang sesuai dengan norma yang berlaku. 

Maka perlu adanya keseimbangan dalam menentukan posisi dan peran. Sebaiknya  kaum perempuan tidak merasa tertindas ataupun menjadi korban, sebab gerakan feminisme ini berusaha untuk menyetarakan gender dan laki laki maupun perempuan memiliki hak yang sama. 

Jadi, sangatlah penting gerakan feminisme bagi kaum perempuan di jaman sekarang ini, agar para perempuan dapat menggunakan hak hak yang mereka miliki seperti berkarier di berbagai bidang terutama di bidang yang identik dilakukan oleh laki-laki. 

Jangan hanya memandang sebelah mata atau berasumsi bahwa perempuan lemah, akan tetapi pada kenyataannya perempuan juga bisa melakukan hal tersebut. Banyak sekali pro dan kontra yang terjadi saat ini dengan adanya gerakan feminisme.

Pro dan kontra di masyarakat Indonesia mengenai feminisme sangat tinggi karena angka kekerasan didalam masyarakat yang mencari korban wanita dan anak2 masih tergolong tinggi dan masih ada anggapan bahwa wanita hanya bekerja di dapur. 

Dan di "peralat" sebagai pemuas nafsu semata saja. Banyak orang yang mengintimidasi sesama perempuan hanya karena penampilan yang berbeda padahal penampilan tidak menjamin suatu kebaikan atau keburukan dan tidak bisa dianggap"sama". 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline