Lihat ke Halaman Asli

Aldin Saktia F

mahasiswa Administrasi Publik FISIP UMJ

Pencegahan Klaster Covid-19 Versi Satgas covid

Diperbarui: 18 November 2021   14:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(18/11/2021)-- Satuan tugas (satgas) penanggulangan pandemi Covid 19 memberitahukan tentang lonjakan klaster Covid 19 di sejumlah negara Eropa, lonjakan kasus Covid 19 membuat WHO mengeluarkan pernyataan bahwa sejumlah negara di Eropa akan menembus angka setengah juta jiwa kematian akibat virus ini pada februari 2022 mendatang. 

Rusia memecahkan rekor angka akibat kematian Covid 19 perhari sebanyak 1.247 orang meninggal dalam 1 hari, disusul dengan Jerman, Belanda, Hungaria,Bulgaria,Polandia dan Republik Ceko. ke delapan negara eropa ini tercatat mengalami pelonjakan yang sangat signifikan. penyebabnya karena pembatasan sosial yang longgar dan lemahnya vaksinasi. 

Oleh sebab itu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, dijalankan dan di tegakkan sejumlah pencegahan klaster covid 19 level 3 ini, salah satunya adalah dengan penerapan protokol kesehatan dan memberikan penyuluhan bahwa covid 19 bukan sekedar virus biasa melainkan virus yang sangat mematikan jika di sepelekan. 

Pemerintah Indonesia tidak henti- hentinya untuk mengingatkan masyarakatnya mematuhi prokol kesehatan dengan menerapkan 3 M (Memakai masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak). terkadang tindakan sepele seperti ini di acuhkan oleh sebagian masyarakat yang hanya mempentingkan kepentingan dirinya sendiri. 

Faktor negara lain mengalami lonjakan akibat pandemi Covid 19 adalah pelonggaran protokol kesehatan. oleh sebab itu masyarakat Indonesia harus ikut serta dalam pergerakan penurunan virus covid-19 dengan mematuhi prokes serta saling mengingatkan tentang waspada virus Covid 19.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk memperkuat penurunan angka kematian akibat Covid 19 serta terhindar dari level 3 Covid-19.

1. Prokes jangan kendor, taati jangan teledor! . jangan melonggarkan protokol kesehatan sekalipun pemberitaan mengabarkan bahwa vius covid19 sudah mereda, tetap patuhi prokes sampai virus benar-benar dinyatakan hilang. memakai masker di manapun, jangan turunkan masker di area dagu, usahakan makan di tempat yang jauh kerumunan orang, mencuci tangan jika disediakan di sekitar, selain itu bawa hand sanitizer di tas mu jika tidak ada tempat untuk mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak antar sesama guna menghindari penyebaran virus lewat air liur,sentuhan, maupun udara. 

Kesalahan fatal negara eropa ialah melonggarkan prokes, memperbolehkan tidak memakai masker  dan tidak menjaga jarak menimbulkan lonjakan kasus hingga kematian akibat virus covid-19. 

2. Meluas cakupan vaksinasi dan mewajibkan vaksin di seluruh wilayah di Indonesia. Pemerintah menjamin vaksin yang digunakan sesuai dengan standar keamanan dan melewati uji klinik yang ketat, oleh sebab itu jangan takut lagi dengan isu tentang vaksin covid-19. dengan vaksinasi kesehatan pulih dan ekonomi bangkit. salah satu penyebab lonjakan kasus di negara eropa adalah lemahnya vaksinasi serta cakupan yang tidak menyeluruh. 

Pemerintah Indonesia terus meningkatkan angka masyarakat yang melakukan vaksinasi sampai saat ini sudah sekitar 40%. Pemerintah Indonesia juga membuat aplikasi Peduli Lindungi sebagai syarat untuk masuk mall/berpergian kemanapun. kebijakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi tanpa paksaan. 

Anggaran dana yang dikeluarkan negara untuk vaksinasi juga tidak main-main, mencapai 35,1 T ditahun 2020 dan 13,9 T ditahun 2021 sekarang , dengan berbagai varian yaitu varian sinovac untuk anak usia 6-11 tahun, varian Astra zeneca untuk orang dewas dan vaksin tambahan penguat (booster) yang diberikan untuk tenaga medis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline