Lihat ke Halaman Asli

Aldilla Natasya

Mahasiswa - Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Usulkan Desain Lapangan Sepak Bola yang Unik dan Berbeda

Diperbarui: 11 Februari 2023   14:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi - Desain Lapang Sepak Bola

Kupu, Brebes (10/2) -- Lapangan Sepak Bola merupakan sarana olahraga yang difungsikan untuk kegiatan berolahraga sepak bola. Desa Kupu memiliki lapangan namun masih belum difungsikan untuk sarana berolahraga. Letak keberadaan lapangan tersebut berada di sisi utara SDN 2 Desa Kupu, atau berada di Jalan Kupu, RT. 09, RW. 02, Desa Kupu, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Kini lokasi lapangan tersebut berada di lahan tangsi atau lahan milik pemerintah, yang ke depannya akan direlokasi menjadi lahan milik Desa Kupu.

Kepala Desa Kupu, Ramli memberikan gagasan untuk kedepannya Desa Kupu dapat memiliki citra baru dalam hal sarana olahraga. Saat ini Desa Kupu telah memiliki Sport Center yang dapat menampung kegiatan olahraga seperti futsal, voli, bulu tangkis, takraw, basket, senam, pencak silat dan sebagainya. Dengan adanya Sport Center tersebut, Kepala Desa Kupu memiliki harapan besar untuk memfungsikan sarana tersebut sebagai sarana olahraga dan kegiatan masyarakat. Ramli menginginkan dalam desain dari lapangan sepak bola nantinya terdapat taman inspirasi yang mencakup taman edukasi, taman baca, dan taman ramah anak yang dapat digunakan untuk kegiatan positif anak muda di Desa Kupu. Bapak Ramli juga memberikan harapan dengan adanya lapangan sepak bola Desa Kupu nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kupu maupun dari masyarakat dari desa lain.

Dok. Pribadi - Desain Lapang dan Taman Inspirasi

Mahasiswa Undip dari jurusan Arsitektur yang tergabung dalam KKN reguler Tim 1 di Desa Kupu mencoba merealisasikan gagasan dan harapan dari perangkat Desa dalam usulan desain terkait lapangan sepak bola Desa Kupu. Konsep yang diangkat yaitu kearifan lokal atau kedaerahan. Konsep ini dipilih untuk menjawab permasalahan dan mengembangkan potensi yang ada menjadi keunikan di Desa Kupu. Penerapan konsep kedaerahan yang diterapkan pada desain lapangan sepak bola yaitu seperti pada pemberian taman tropis disetiap sisi dari lapangan yang diitumbuhi tanaman jenis semak seperti pucuk merah dan teh-tehan, tanaman jenis palem, dan tanaman jenis kanopi seperti pohon Ketapang. Tidak hanya pada sisi lapangan, taman tropis juga diterapkan pada desain taman inspirasi di sisi timur lapangan. Taman inspirasi juga merupakan elemen yang terintegrasi dan berkaitan dengan Lapangan Sepak Bola Desa Kupu, karena dari taman tersebut dapat memberikan ruang interaksi dan ruang terbuka hijau yang alami di sekitar lapangan sepak bola.

Dok. Pribadi - Survei lokasi lapangan

Usulan desain Lapangan Sepak Bola Desa Kupu telah dipresentasikan oleh mahasiswa KKN jurusan Arsitektur dan keluaran desain telah diberikan kepada perangkat Desa Kupu, sebagai acuan untuk pengembangan Sport Center Desa Kupu kedepannya. Harapan dari masyarakat Desa Kupu yang diwakilkan oleh perangkat desa yaitu kedepannya dapat segera terealisasi dengan baik, sehingga masyarakat Desa Kupu dapat berkegiatan bersama, baik kegiatan berolahraga atau kegiatan masyarakat di Lapangan Sepak Bola Desa Kupu yang baru tersebut.

Penulis: Fauzan Fathul Huda -- Prodi S1 Arsitektur FT Undip




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline