Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu ujung tombak yang penting bagi perekonomian di Indonesia. Maka dari itu, pemerintah terus berupaya untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, salah satunya dengan digitalisasi UMKM. Digitalisasi UMKM merupakan sebuah langkah akselerasi pengembangan UMKM digital dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.
Desa Kupu Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes adalah salah satu desa yang memiliki potensi UMKM aktif, namun pemasaran produk-produknya masih terbatas. Hal ini, membuat mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro 2022/2023 dari prodi Sekolah Vokasi Jurusan Manajemen Administrasi dan Logistik, Alam Tabah Pamuji, tergerak untuk membantu pengembangan pemasaran UMKM di Desa Kupu melalui program "Digital Marketing Penggunaan E-Commerce pada UMKM".
Program imi bertujuan untuk mengembangkan dan meluaskan jangakauan pemasaran produk UMKM di Desa Kupu melalui penggunaan aplikasi berbasis digital (e-commerce). Program ini dilaksanakan pada Jumat (27/1) di rumah salah satu pelaku usaha UMKM Desa Kupu yang mejadi sasaran program.
Rangkaian pelaksanaan program tersebut antara lain pemberian buku saku terkait digitalisasi UMKM serta poster tutorial daftar akun penjual di platform e-commerce kepada pelaku usaha UMKM di Desa Kupu. Tak hanya itu, pelaksanaan program juga dilanjutkan dengan pelatihan operasional aplikasi e-commerce untuk memasarkan produk UMKM secara langsung.
Dari pelaksanaan program digitalisasi pemasaran produk, TIM 1 KKN Undip 2022/2023 berharap agar UMKM di Desa Kupu dapat berkembang dan menjadi lebih maju.
Penulis: Alam Tabah Pamuji -- Prodi D4 Manajemen Administrasi dan Logistik SV Undip
Editor: Nawati Auliatin dan Aldilla Natasya G
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H