Lihat ke Halaman Asli

Aldila Putri Uskha

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Pengenalan Fun Learning oleh Anggota PMM UMM Kelompok 21 Gelombang 05 kepada Anak Didik Pondok Pesantren Yatim Dhuafa Al-Ikhlas Putri

Diperbarui: 8 Juli 2022   13:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Keefektifan dalam proses belajar dan mengajar perlu untuk diperhatikan. Melalui metode pembelajaran, yang mana sebagai cara agar anak didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dapat mempengaruhi bagaimana anak didik tersebut menerima dan menangkap terkait materi apa yang disampaikan. Tak dapat dipungkiri, mencari metode pembelajaran yang tepat bagi anak didik tentu tidak mudah.Seringkali pendidik kesulitan untuk menemukan metode pembelajaran yang tepat bagi anak didiknya.  Selain harus mengenali karakter anak didik, pendidik juga perlu memahami apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran itu sendiri. Selain itu, pendidik harus memahami terkait materi yang ingin disampaikan, bagaimana respons anak didik selama materi disampaikan, sehingga pendidik dapat menentukan metode pembelajaran seperti apa yang dominan dengan karakteristik anak didik.

Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan dalam mengimplementasikan rencana belajar yang telah disusun melalui kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode pembelajaran dapat juga disebut sebagai alur kegiatan belajar dan mengajar untuk menyampaikan materi kepada siswa atau anak didik. Ada banyak metode pembelajaran yang ditemui,beberapa diantaranya  seperti metode ceramah, diskusi, debat, eksperimen, peta konsep, bahkan blended learning.  

Melalui Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa, anggota kelompok 21 PMM UMM mengenalkan metode pembelajaran yang menarik kepada anak didik Pondok Pesantren Yatim Dhuafa (PPYD) Al-Ikhlas Putri. Metode pembelajaran tersebut adalah Fun Learning, yaitu kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan dengan berkelompok dalam suasana yang menyenangkan. Pada kegiatan belajar mengajar ini, anak didik diminta untuk menyampaikan pendapatnya terkait materi yang disampaikan. Setelah itu dalam kegiatan ini diadakan kuis seputar materi yang telah disampaikan. Anak didik yang berani untuk menyampaikan pendapatnya dan dapat menjawab kuis tersebut dengan tepat maka akan mendapatkan hadiah. Hadiah ini sebagai motivasi dan penyemangat bagi anak didik untuk terus semangat dan tidak lelah dalam belajar.

Dengan metode Fun Learning, anak didik PPYD Al-Ikhlas Putri diharapkan dapat menyerap materi yang telah disampaikan dengan sangat baik. Anak didik juga terus mau belajar dan dapat mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline