Lihat ke Halaman Asli

Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Jadi Ajang Unjuk Kreativitas Mahasiswa

Diperbarui: 19 November 2020   02:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto/illustrasi oleh Mohammad Aldi Afandi

Pada tahun 2020 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMEDIKBUD) membuat kebijakan baru yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Maju, Nadiem Makariem. Salah satu tujuan kebijakan tersebut adalah untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Merdeka Belajar memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.

Besaing dengan kampus-kampus ternama di Indonesia Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) berhasil lolos bersaing dengan  sebagai salah satu Model Center Of Excellence (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Menjadi salah satu dari dua universitas di Jawa Timur bersanding dengan Universitas Ciputra yang berhasil mendapatkan penghargaan CoE skema II.

Program Studi Ilmu Komunikasi melalui program Merdeka Belajar ini merancang konsep pembelajaran baru yang otonom, fleksibel, dan inovatif bagi mahasiswa. Dalam hal ini, mahasiswa berkesempatan memiliki pengalaman belajar baru melalui kebebasan bagi mahasiswa untuk mengambil SKS di luar program studi.

Sebagai informasi, tujuan dari kegiatan Merdeka Belajar ini diantaranya:

  1. Mewujudkan kebebasan dalam menuntut ilmu bagi Mahasiswa Prodi IKom Umsida.
  2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk melakukan experiental learning baik dengan mendorong mahasiswa untuk berwirausaha, terjun dalam program pendampingan di masyarakat, serta praktik langsung di dunia kerja.
  3. Meningkatkan kompetensi dengan memberikan bekal keterampilan baik hard skills maupun soft skills, yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Adanya program ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar diluar kampus, magang, riset, pertukaran mahasiswa, kewirausahaan, dan proyek kemanusisaan. Kegiatan ini terbagi untuk mahasiswa semester 3 sampai 7. Berkerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan dan untuk mitra perusahaan kerjasama adalah Sidoarjonews.id, RedDoorz, Three, Common Seas, dan Nutrifood.

Program ini diharapkan sebagai ajang unjuk kreativitas mahasiswa untuk dapat mengembangkan pengetahuan mahasiswa dengan menempuh mata kuliah lintas jurusan. Terdapat juga mata kuliah jurnalistik, manajemen, advertising, public relation dan desain grafis.

Keberhasilan Prodi Ilmu Komunikasi meraih hibah ini, diharapkan menjadi percontohan dan dapat diimplementasikan bagi program studi lain yang ada di UMSIDA. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan keilmuan melalui kerja sama dengan berbagai pihak luar, dan meningkatkan kualitas Tri Dharma perguruan tinggi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline