Lihat ke Halaman Asli

Aldiansyah Munawar

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Press Release PPL di DMFans Project sebagai Kreator

Diperbarui: 7 September 2024   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Program Pengalaman Lapangan, atau yang disingkat menjadi PPL, merupakan sebuah program yang diadakan oleh kampus guna membuat mahasiswanya memiliki pengalaman bekerja di lapangan. DMFans Project merupakan proyek pribadi yang diinisiasi oleh Dr. Dedi Sulaeman, M.Hum., beserta dengan R. Myrna Nur Sakinah, M.Hum. dan Erfan Muhamad Fauzi, M.Pd. Proyek ini merupakan proyek kreatif yang menampung mahasiswa semester lima jurusan Sastra Inggris UIN SGD Bandung yang bergerak di bidang teknologi dan musik. Program PPL ini dilaksanakan secara fleksibel dengan masa kerja setidaknya dikonversi menjadi 16 kali pertemuan. Proyek ini berjalan pada bulan Juli-Agustus 2024.

DMFans Project adalah proyek yang kreatif dan fleksibel, dimana menuntut mahasiswanya untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide seluas-luasnya. Interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen kerap dilakukan pada setiap pertemuan, sehingga terciptanya komunikasi dua arah dan memungkinkan mahasiswa untuk mengutarakan idenya. Pada proyek ini, mahasiswa diajarkan hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan teknologi, dunia per-audio-an, hingga kecerdasan buatan. Mahasiswa diharapkan untuk bisa memanfaatkan teknologi seiring berkembangnya zaman.

Aldiansyah Munawar Al Fachri, selaku penulis artikel dan juga salah satu mahasiswa yang bekerja di DMFans Project, ikut andil dalam perancangan logo yang akan dipakai kedepannya oleh DMFans Project. Tak hanya itu, penulis juga ikut andil dalam menulis dan menciptakan beberapa lagu yang nantinya akan dikolektifkan oleh para dosen dan menjadikannya satu album lagu. Kami para mahasiswa menulis dan menciptakan setidaknya dua sampai tiga lagu yang nantinya akan menjadi isi dari album lagu tersebut.

Tidak serta merta diminta untuk membuat lagu, mahasiswa awalnya dibekali dengan pengetahuan teknologi khususnya kecerdasan buatan yang dapat amat membantu mahasiswa dalam melakukan tugasnya. Mahasiswa dikenalkan kepada Suno.AI, sebuah kecerdasan buatan yang dapat memproduksi lagu secara instan. Diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan kecerdasan buatan tersebut untuk dijadikan referensi dalam membuat lagu, tentunya dengan kreatifitas dari mahasiswa itu sendiri.

Penulis sangat berterima kasih karena ditakdirkan untuk menjalani PPL di proyek ini. Hal ini dikarenakan banyak ilmu baru yang dapat diterima oleh penulis di luar dari bidang materi perkuliahan, mulai dari ilmu sosial media hingga ilmu mengenai audio. Kami juga sangat senang karena pertemuan yang dilakukan di kampus bertempat di studio musik, sehingga kami selaku mahasiswa dapat langsung mengeksplorasi teknologi dan peralatan audio seiring dengan pemberian materi.

Selama proyek berlangsung, penulis menghasilkan dua usulan logo yang mana menjadi usulan logo DMFans Project dan PodCover, sub judul dari proyek tersebut. Penulis juga menghasilkan tiga lagu dengan bantuan Suno.AI untuk menemukan referensi arah musik yang kemudian diaransemen ulang. Penulis juga menulis lirik sendiri untuk digunakan pada lagu yang sudah diaransemen. Pada proyek ini, kreatifitas penulis sangat diandalkan guna melancarkan program pada DMFans Project.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline