Lihat ke Halaman Asli

Aldiano Hadi

Public Policy, Government and Politics Science, Business Development, and Digital Marketing Enthusiast.

Fakta Unik FIBA World Cup: Memahami Sejarah dan Prestasi Terbesar Bola Basket Dunia

Diperbarui: 11 Desember 2023   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Basketball World Cup Qualifier Japan vs Iran | Wikipedia Commons

FIBA World Cup 2023 yang baru saja berlangsung di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta. Sebagai tuan rumah yang sukses, Indonesia tidak hanya menjadi saksi momen bersejarah, tetapi juga menyambut dengan hangat para penggemar bola basket dari berbagai penjuru dunia.

Berbicara tentang FIBA World Cup, ternyata turnamen ini memiliki sejumlah fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui. Mari kita eksplorasi bersama beberapa fakta menarik seputar kejuaraan dunia bola basket tertinggi ini.

1. Hanya ada Tujuh juara (Amerika, Uni Soviet, Yugoslavia, Brazil, Spanyol, Argentina, Jerman)

FIBA World Cup pertama kali digelar pada 1950, pada saat itu masih dengan nama FIBA World Championship dan berlangsung di Argentina. Negara tuan rumah berhasil mencatatkan sejarah sebagai juara FIBA World Cup pertama kalinya, mengalahkan Amerika Serikat pada pertandingan final.

Setelah Argentina mencicipi puncak dunia basket, hanya ada enam tim lainnya yang menjadi juara FIBA World Cup. Enam tim tersebut adalah Amerika Serikat, Uni Soviet, Yugoslavia, Brazil, Spanyol, dan Jerman.

Jerman menjadi tim terbaru yang menjadi juara FIBA World Cup 2023, sekaligus merupakan gelar juara dunia pertama mereka sejak keikutsertaan mereka di turnamen ini.

Sejak saat itu, hanya ada tujuh negara yang berhasil meraih gelar juara, yaitu Amerika, Uni Soviet, Yugoslavia, Brazil, Spanyol, Argentina, dan Jerman, yang menjadi juara terbaru pada FIBA World Cup 2023.

2. FIFA dan FIBA World Cup diadakan bersamaan dari 1970-2014

Sejak tahun 1950, FIBA World Cup memang dijadwalkan untuk diadakan setiap 4 tahun, agar tidak bertabrakan dengan jadwal Olimpiade. Namun, setelah FIBA World Cup kelima diadakan pada 1967, hanya ada jarak 3 tahun ke piala dunia basket selanjutnya yaitu 1970.

Cabang olahraga lainnya yaitu sepak bola juga mengadakan Piala Dunia FIFA pada tahun 1970, dan selama lebih dari 4 dekade, FIBA dan FIFA World Cup digelar pada tahun yang sama. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline