Lihat ke Halaman Asli

ISL 2014 Mulai Akhir Januari 2014, Yuk Kita Sambut, Hehe...

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

pssi pada hari kamis kemarin (7/11) melakukan pertemuan dengan 25 klub calon peserta kompetisi isl 2014 di hotel jw marriot jakarta.. hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan dari 18 klub isl dan 7 klub terbaik ipl, sedangkan dari pssi yg hadir adalah sekjen pssi, bpk joko driyono dan komite kompetisi pssi, erwin dwi budiawan..

dalam pertemuan tersebut sekjen pssi memberikan pejelasan tentang hal2 yg terkait proyeksi kompetisi isl musim depan spti misalnya opsi2 tentang format kompetisi apakah memakai 1 wilayah atau 2 wilayah, jumlah peserta kompetisi yg masih menunggu hasil verifikasi klub dan regulasi pemain asing yg disyaratkan boleh bermain pada masing2 klub nantinya..

untuk verifikasi terhadap 25 klub calon peserta isl musim depan, pssi memastikan akan dilakukan mulai tanggal 25 november s/d. 5 desember 2013, dalam verifikasi itu nanti ditentukan siapa saja klub2 yg layak ikut isl musim depan dengan jumlah minimal klub yg lolos 15 klub dan maksimalnya 22 klub..

batasan paling sedikit 15 klub merujuk pada peraturan afc yg mensyaratkan jumlah pertandingan tiap klub dalam kompetisi minimalnya adalah 27 laga.. jadi kalau nanti hanya 15 klub yg lolos verifikasi setiap klub akan bertanding sebanyak 28 laga dalam satu musim kompetisi..

tetapi kalau yg lolos sebanyak 22 klub, maka pssi lebih memilih opsi kompetisi dengan 2 wilayah.. hal ini mengingat banyaknya agenda yg akan berlangsung tahun depan.. selain musimnya sepakbola (piala dunia di brazil) tahun depan juga merupakan musimnya politik (pileg, pilpres dan pil pil yg lain) belum lagi ditambah dengan agenda rutin setiap tahunnya yaitu libur hari raya idul fitri..

kalau saja nanti kompetisi terpaksa  harus memakai format dua wilayah maka masing2 wilayah akan terdiri dari 11 tim.. 4 tim terbaik dari masing2 wilayah bertemu kembali di babak 8 besar yg dibagi lagi dalam 2 grup memakai sistem kandang dan tandang.. 2 tim terbaik dari masing2 grup akan maju ke final yg pertandingannya nanti dipilih tempat netral..

selain itu pssi juga akan memutuskan bahwa untuk kuota pemain asing dalam setiap klub yg diperbolehkan adalah 3+1 (3 non asia dan 1 asia) tetapi yg boleh diturunkan dalam setiap pertandingan hanya 3 orang pemain asing saja.. aturan ini dipakai merujuk pada peraturan liga champion asia dan afc.. sehingga dengan menggunakan aturan ini, diharapkan nantinya klub2 akan terbiasa juga kalau nanti main di lca atau afc.. ehehe..

tetapi kalau saya pribadi masih boleh disuruh memilih, saya kepengennya kompetisi isl musim depan tetap memakai format satu wilayah dengan 18 klub saja.. biar mirip2 dengan liga2 diluar negeri sana, kalaupun nanti diputuskan berbeda, ya sudahlah.. yg penting minggu ke-4 bulan januari 2014 kompetisi terbesar, terhebat, terheboh dan ter ter yg lain akan segera dimulai.. ehehe..

mungkin itu saja, point2 penting hasil dari pertemuan pssi dan klub2 calon peserta isl kemarin yg saya dapat dari situs resminya pssi, www.pssi.or.id ditambah membaca berita di bola.net link disini dan disini..

salam..

aldi doank




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline