Lihat ke Halaman Asli

Timnas Juara AFF.. Optimis atau Sekedar Menghibur Diri.. hehe..

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

menarik memang jika membicarakan peluang timnas kita apakah bisa menjadi juara di piala aff 2o12 yg waktunya tinggal kurang dari sebulan lagi.. ada yg optimis tapi ada juga yg masih malu2 untuk bilang pesimis.. hehe..

bagi saya.. sulit memang untuk memprediksi apakah timnas kita akan mencapai hasil baik di piala aff 2012 nanti atau paling tidak menyamai hasil yg dicapai oleh timnas kita 2 tahun lalu di gelaran yg sama..

sikap optimis memang bagus untuk membangkitkan semangat para pendukung timnas dan punggawa timnas itu sendiri.. tetapi sekali lagi.. optimis tanpa melihat realita yg ada.. bagi saya itu sama saja menghibur diri..

karena realita yg ada sampai hari ini.. 24 hari lagi menjelang laga perdana kita masih belum bisa menentukan siapa2 saja 22 pemain yg akan dibawa ke kuala lumpur untuk menghadapi laos (25/11/2012)

kabarnya pssi kembali memberi tenggang waktu bagi pemain yg belum datang sampai dengan tanggal 5 november 2012 dan khusus untuk pemain yg berkompetisi di luar negeri diberi waktu sampai dengan tanggal 6 atau 7 november 2012..

itu artinya jika benar mrka akan datang.. kita baru bisa menentukan skuad timnas yg akan dibawa setelah tanggal tersebut.. dan itu juga berarti bahwa kita baru bisa melakukan pemantapan skuad yg lengkap di sekitar tanggal 8/9 november yg akan datang.. atau 16 hari sebelum laga perdana melawan laos..

pertanyaannya kemudian.. cukupkah waktu 2 minggu tersebut untuk menghasilkan timnas yg solid karena di sepakbola.. kerjasama antar pemain itu sangat penting.. jika mrka baru bisa berkumpul lengkap hanya dengan waktu yg sesingkat itu.. bisakah maksimal..

bandingkan dengan tim2 calon lawan kita nanti.. bagaimana persiapan mrka.. apakah sama seperti yg kita lakukan.. entahlah..update terakhir dari pemain timnas kita yg sudah datang dan berlatih adalah sebanyak 17 pemain.. berikut daftarnya.. yg diberi warna pemain yg sudah hadir dan yg ditulis merah pemain yg tidak jadi dipanggil pelatih timnas..

Indonesia, preliminary squad

Goalkeepers: Samsidar (Semen Padang FC/-), I Made Wirawan (Persib Bandung), Wahyu Tri Nugroho (Persiba Bantul), Endra Prasetya Suprapto (Persebaya Surabaya)

Defenders: Handi Ramdhan (Persija Jakarta), Novan Setya Sasongko (Persibo Bojonegoro/Semen Padang), Nopendi (Persiba Bantul), Fachruddin Wahyudi Aryanto (PSS Sleman), Hengki Ardiles (Semen Padang), Wahyu Wijiastanto (Semen Padang), Hamka Hamzah (Mitra Kukar), Diego Robbie Michiels (Persija Jakarta), Raphael Guillermo Eduardo Maitimo (VV Capelle, Netherlands)

Midfielders: Taufiq (Persebaya Surabaya), Elie Aiboy (Semen Padang), Firman Utina (Persib Bandung), Rasyid Assahid Bakri (PSM Makassar), Jajang Paliama Mujianto (Semen Padang), Muhammad Nur Iskandar (Persibo/Semen Padang), Bernardus Valentinus Telaubun (Bontang FC), Corneles Sergius Geddi (Persija Jakarta), Vendry Ronaldo Mofu (Semen Padang), Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Oktovianus Maniani (Persiram Raja Ampat/-), Hendra Adi Bayauw (Semen Padang) , Tonnie Harry Cusell (GVVV, Netherlands)

Forwards: Irfan Haary’s Bachdim (Persema Malang), Bambang Pamungkas (Persija Jakarta), Andik Vermansah (Persebaya Surabaya), Patrich Stefanus Wanggai (Persipura Jayapura), Rachmat Syamsuddin Leo (PSM Makassar), Arthur Daniel Irawan (Espanyol ‘B”, Spain), Agung Supriyanto (PPSM Magelang/Persijap), Samsul Arif Munip (Persibo Bojonegoro), Jhonny Rudolf van Beukering (-)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline