Lihat ke Halaman Asli

Aldentua S Ringo

Pembelajar Kehidupan

Gadis Korea Bangga Didandani ala Indonesia

Diperbarui: 19 Juni 2020   08:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Gadis Korea Bangga Didandani Ala Indonesia.

Catatan dan kenangan Delegasi Indonesia bdalam acara ASEAN WEEK, Seoul, 14-16 Juni 2019 (Seri-5)

Delegasi Indonesia didampingi seorang gadis Korea, mahasiswa jurusan Studi Indonesia yang sudah fasih berbahasa Indonesia. Sejak pagi hari dia sudah datang di hotel mengecek apakah kami sudah sarapan. Sampai malam kami sudah masuk kamar masing-masing, barulah dia pulang. Total pelayanannya kepada kami sungguh membantu delegasi. Namanya Kim Nae Jeong alias Ting-ting.

Ketika selesai pertunjukan hari terakhir, di ruang persiapan atau tenda di samping panggung, kami mengucapkan terima kasih dengan memberikan ulos khusus untuk wanita, tali-tali dan ikat pinggang berbahan ulos.

Kami dandani dia ala Indonesia, seperti boru Batak. Kami ingin mendaulat untuk difoto sendiri, namun dia malu-malu. Akhirnya kami foto bersama. Tapi dia senyum dan bahkan tertawa melihat fotonya didandani ala Indonesia.

Dia dengan bangga menyebarkan fotonya ke teman-temannya mahasiswa yang menjadi pendamping tim delegasi ASEAN WEEK dan juga temannya se kampus.

Kami tanya apa kesannya mendampingi delegasi Indonesia? Dia bilang sangat senang. Kenapa? Karena delegasi Indonesia terdiri dari remaja dan pemuda. Dia salut kepada delegasi Indonesia, para remaja dan anak muda ini mau belajar dan membawa musik etnik daerahnya di tengah globalisasi. Dan satu hal lagi tentang disiplin. Biasanya seumur anak seperti ini sulit diatur, tapi anak-anak ini relatif mudah diatur. Permainan mereka bagus walau masih remaja dan pemuda. Keren, katanya.

Para anak-anak delegasi Indonesia berjingkrak-jingkrak dipuji  oleh Ting-ting. Dia ada rencana tahun 2020 akan datang ke Indonesia untuk kunjungan dan riset tentang Indonesia. Kami berjanji akan menyambutnya di Indonesia.

Terkadang saya berpikir melihat gaya anak muda kita zaman sekarang yang seakan lupa diri dengan identitas dan kearifan lokal daerahnya. Gadis Korea Kim Nae Jong alias Ting-ting mengajarkan satu hal. Dia bangga didandani ala Indonesia seperti boru Batak. Dia memuji delegasi para remaja dan pemuda yang mencintai musik dan budaya daerah yang menjadi budaya bangsanya.

Salah satu kemajuan Korea dengan budaya K-POP nya yang seakan menjajah dunia budaya antar bangsa perlu dikaji dan dipelajari. Orang berbudaya yang menghargai warisan budayanya akan melahirkan generasi yang berkarakter dan berbudaya.

Orang yang berkarakter dan berbudaya bangsanya tidak akan mudah diombang-ambingkan globalisasi. Korea dengan kemajuan budayanya yang sangat digandrungi di Indonesia melalui drama Korea dan band popnya yang banyak fansnya di Indonesia ternyata bangga juga ketika kami dandani ala Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline