Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Leadership dalam Organisasi

Diperbarui: 29 November 2021   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: maxmanroe.com

Seorang pemimpin mempunyai sifat, kebiasaan, kepribadian, temperamen yang khas dan unik sehingga gaya dan tingkah laku yang membedakan dirinya dengan orang lain.

Kalian pasti tidak asing lagi kan mendengar kata Leadership ini. Ya istilah ini sering sekali kita jumpai dalam literature atau percakapan sehari-hari di dalam kehidupan masyarakat. Kepemimpinan (Leadership) ini bukan hanya tentang pangkat atau sekedar nama atau status saja, tetapi bagaimana cara untuk mempengaruhi orang lain, bawahan atau pengikut untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh pemimpin.

Leadership (Kepemimpinan) itu suatu hal yang sangat penting dalam suatu organisasi atau perusahaan dalam mengarahkan dan mempengaruhi para bawahannya. 

Mengapa hal itu bisa terjadi?  Ya jadi leadership merupakan kunci keberhasilan sebuah organisasi atau perusahaan, tanpa adanya orang yang mengatur dan mengarahkan sebuah organisasi atau perusahaan, visi dan misi serta tujuan suatu organisasi tidak dapat dicapai. Jadi figur seorang pemimpin ini sangat diperlukan oleh suatu organisasi atau perusahaan.

Pemimpin ini adalah pribadi yang positif, percaya diri serta mempunyai visi, misi dan mempunyai nilai etika yang tinggi, mampu menyampaikan ide-ide tertentu, dan mampu mendorong individu untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain. 

Selain itu kepemimpinan ini menjadi titik pusat adanya perubahan yang signifikan dalam sebuah organisasi, kepemimpinan juga menjadi kepribadian yang memiliki dampak serta bisa disebut sebagai sebuah seni untuk menciptakan kesesuaian dan kestabilan dalam sebuah organisasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa pemimpin itu harus selalu memotivasi para bawahannya serta menjadi sosok yang menjadi teladan serta panutan bagi yang dipimpinnya. Seorang pemimpin yang ideal pasti menjadi keinginan atau harapan bagi setiap karyawan. 

Seorang pemimpin ini harus mempunyai jiwa kepemimpinan (leadership) yang matang, dan pastinya mempunyai mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi pada setiap aktivitas dan amanah yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Disamping itu, sebagai anggota dalam suatu organisasi itu juga harus saling bekerjasama agar segala macam aktivitas akan lebih mudah dilakukan, sehingga tujuan itu akan cepat tercapai sesuai yang diharapkan sebuah organisasi. 

Jadi kerjasama sangat penting dan dibutuhkan dalam manajemen kepemimpinan. Jika sebuah organisasi tidak ada kerjasama antara pemimpin dan anggotanya maka tujuan dari organisasi akan terhambat bahkan tidak bisa tercapai sesuai yang diharapkan sebuah organisasi tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline