Saat ini, masyarakat sedang sangat tertarik dengan produk-produk halal. Akhirnya, harapan yang telah lama diinginkan oleh masyarakat akhirnya menjadi kenyataan dengan hadirnya berbagai produk yang telah disertifikasi halal. Dampaknya, tingkat konsumsi masyarakat meningkat pesat. Bahkan, produk halal ini sudah menjadi tren dalam perdagangan internasional. Adanya sertifikasi halal pada produk UMKM juga dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.
Pada tahun 2023, The State of Global Islamic Economy Report mengungkapkan pada indikator ekonomi syariah, Indonesia berhasil menjadi peringkat 4 dunia. Sedangkan untuk kategori halal food, Indonesia menempati peringkat kedua setelah Malaysia. Trend konsumsi produk industri halal diprediksi juga akan meningkat 6,3% atau mencapai 1,38 triliun US dolar pada tahun 2024," papar Teten (7/9/23).
Bukan hanya pengaruh positif yang timbul, tetapi ada juga pengaruh negatif karena semakin banyak pengeluaran di setiap keluarga yang meningkatkan biaya hidup. Hal ini mengharuskan pengaturan keuangan ulang di setiap keluarga. Namun, dengan kemudahan proses sertifikasi halal untuk UMKM, menjadi solusi yang baik. Ini akan sangat memudahkan masyarakat untuk memulai usaha, bukan hanya konsumsi, tetapi juga meningkatkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Ada tiga nilai dasar yang menjadi pondasi bagi perilaku konsumsi masyarakat muslim (Huda dalam Wigati, 2011):
1.Keyakinan akan adanya hari kiamat dan kehidupan akhirat, prinsip ini mengarahkan seorang konsumen untuk mengutamakan konsumsi untuk akhir- at daripada dunia. Mengutamakan kon- sumsi untuk ibadah daripada konsumsi duniawi. Konsumsi untuk ibadah me- rupakan future consumption (karena terdapat balasan surga di akherat), sedangkan konsumsi duniawi adalah present consumption.
2.Konsep sukses dalam kehidupan se- orang muslim diukur dengan moral agama Islam, dan bukan dengan jumlah kekayaan yang dimiliki. Semakin tinggi moralitas semakin tinggi pula ke- suksesan yang dicapai. Kebajikan, ke- benaran dan ketaqwaan kepada Allah merupakan kunci moralitas Islam. Kebajikan dan kebenaran dapat dicapai dengan perilaku yang baik dan ber- manfaat bagi kehidupan dan men- jauhkan diri dari kejahatan.
3.Kedudukan harta merupakan anugrah Allah dan bukan sesuatu yang dengan sendirinya bersifat buruk (sehingga harus dijauhi secara berlebihan). Harta merupakan alat untuk mencapai tujuan hidup, jika diusahakan dan dimanfaat- kan dengan benar (QS.2.265)
Sri Mulyani mengatakan, berdasarkan perhitungan Halal Market pada 2022 saja, pasar ekonomi halal dapat meningkatkan PDB Indonesia sebesar US$ 5,1 miliar per tahun. Jalurnya melalui ekspor serta peluang investasi yang masih sangat besar.
"Selain itu Indonesia merupakan pasar konsumen halal terbesar di dunia, dengan sekitar 230 juta penduduk Muslim," ucap Sri Mulyani dalam acara The 7th Annual Islamic Finance Conference yang digelar secara virtual, Selasa (29/8/2023)
Permintaan produk halal ini terus meningkat tidak hanya pada makanan dan minuman saja,tetapi sudah memasuki ke produk kosmetik bahkaan obat obatan .dari penjelasan tersebut sudah jelas tentunya pasar ini juga sangat berpengaruh pada konsumsi masyarakat muslim di Indonesia.
Dalam segala aspek produk apa saja pangan ataupun bukan masyarakat muslim tentu mengedepankan kehalalan produk yang terjamin meskipun harus mengeluarkan uang yang relative lebih dibandingkan harus mengonsumsi produk yang belum terjamin kehalalan produk itu sendiri, perilaku masyarakat muslim ini yang sangat mempengaruhi berkembangnya pasar produk halal ini tentunya,meskipun permintaan produk melambung tinggi pemerintah akan terus menjaga kestabilan konsumsi masyaraka tatas produk halal tersebut.