Lihat ke Halaman Asli

Alda Kusuma Dewi

Universitas Pamulang

Pentingnya Memperkenalkan Anak Bahasa Ibu, Bahasa Indonesia Sejak Kecil

Diperbarui: 29 Mei 2022   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini dunia semakin berkembang dan maju, seorang anak sejak kecil sudah dituntut bisa berbahasa asing, agar mampu memasuki sekolah bertaraf internasional yang menerapkan berbagai bahasa asing seperti bahasa inggris, bahasa mandarin, dan lainnya sebagai bahasa pengantar. 

Ada juga orang tua yang sudah membiasakan anaknya berbahasa asing untuk mengasah kemampuan dan mampu bersaing di masa dewasa yang akan datang.

Dengan kebiasaan-kebiasaan ini, seorang anak jadi terbiasa dengan menggunakan bahasa asing sebagai bahasa sehari-hari. Akibatnya, bahasa ibu mulai ditinggalkan dan pada akhirnya menjadi bahasa yang asing bagi mereka.

Padahal, bahasa Indonesia merupakan bahasa Ibu yang wajib kita tanamkan dan kuasai dalam diri sebagai bangsa Indonesia. Pentingnya hal ini sampai dunia menetapkan Hari Bahasa Ibu Internasional atau dikenal sebagai International Mother Language Day, pada 21 Februari.

Lalu, kenapa seorang anak harus belajar bahasa Indonesia sejak kecil?

Seorang pakar bahasa, Prof. Dr. Benny dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia mengatakan, Bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang diperlukan sebagai alat komunikasi bangsa Indonesia yang ditetapkan sebagai bahasa Nasional.

Sebab, masyarakat Indonesia sejak dahulu sudah menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar resmi antar daerah di Indonesia. Sehingga, bahasa inilah yang kemudian membentuk identitas bahasa bangsa Indonesia.

Jadi, akan sangat disayangkan apabila seorang anak yang aktif berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang berbahasa asing, suatu saat akan terbiasa dan melupakan identitas bahasa negaranya. 

Apalagi, saat ini banyak anak-anak yang sudah dipersiapkan untuk menempuh pendidikan di luar negeri yang pada akhirnya akan kembali ke negara Indonesia untuk melanjutkan karier maupun membangun keluarganya. 

Jika bahasa Indonesia tidak dijunjung tinggi dan diajarkan sejak kecil, maka saat dewasa anak tersebut bisa saja kehilangan jati dirinya sebagai anak bangsa Indonesia dan sulit untuk kembali memahami makna bahasa Indonesia yang sebenarnya.

Hal inilah yang menjadi urgensi anak bangsa dimasa yang akan datang. Sebagai orang tua sudah sepatutnya untuk bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline