Lihat ke Halaman Asli

Alda Dwi Cahyanovianty

Mahasiswa FKIP UHAMKA

Mahasiswa FKIP Uhamka, Pendidikan Matematika Mengadakan KKN Tematik di Kabupaten Bekasi

Diperbarui: 1 Maret 2021   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Kegiatan KKN Tematik yang diadakan dari program studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka. Kegiatan KKN dilakukan diwilayah sekitar tempat tinggal dikarenakan pandemik covid-19 dengan tetap mematuhi protocol Kesehatan 5M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Membatasi mobilisasi/interaksi. Tujuan mahasiswa melaksanakaan KKN ini sebagai suatu cara mengabdian kepada masyarakat lingkungan sekitar tempat tinggal, dengan menanggulangi masalah-masalah yang sedang terjadi karena dampak dari pandemic covid-19. Program KKN tematik, tidak berfokus kepada bidang pendidikan melainkan ada kegiatan lainnya yaitu kegiatan literasi dan numerasi, seperti cara memdampingi anak-anak dalam proses belajar, membaca cerita, menghitung, mengaji, membuat kreativitas kerajinan tangan, melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan, dan pembagian masker. Serta peran mahasiswa dalam penanggulangan covid-19 yang berkaitan dengan adaptasi kebiasaan baru.

Kegiatan KKN dilakukan selama 15 hari, pada tanggal 17 Febuari 2021 -- 3 Maret 2021, yang melibatkan kelompok terbatas dengan berjumlah 5 mahasiswa yang bernama Alda Dwi C, Aufa Salsabila, Ignes Febryliani, Lestari Hernawari, Surur Rofilah yang dibimbing oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Ibu Asih Miatun, M.pd. Dengan dua lokasi berbeda, yang pertama di kampung pacing, kab. Bekasi. Jawa barat dan di Desa Mangun Jaya. Kec. Tambun selatan. Kab. Bekasi. Jawa barat.

Kegiatan kkn ini dilakukan secara offline atau tatap muka, namun tetap melaksanakan protocol kesehatan. Kegiatan yang kami lakukan untuk anak tingkat SD yaitu belajar membaca dan menceritakan keindahan budaya Indonesia, mengajarkan cara berhitung cepat matematika, yang diselingi dengan menyanyi. Tidak lupa pula kita menyediakan beberapa sarana untuk melakukan kreativitas dengan menggambar dan mewarnai. Kegiatan belajar ini dilakukan di Aula lingkungan sekitar yang biasa dijadikan tempat pengajian/ TPA. Kami membuat pengumuman dan diberi bantuan kepada ketua RT sekitar untuk menginformasikan bahwa ada kegiatan belajar di TPA, dari kakak-kakak mahasiswa UHAMKA, dengan itu antusias orang tua sangat terlihat, yang memberikan izin untuk anaknya belajar bersama kami. Setelah itu kegiatan untuk tingkat SMP dan SMA yaitu kreativitas kerajinan tangan dengan membuat konektor masker, wadah stik es krim serta bucket snack. Kegiatan tersebut dilakukan di salah satu anggota kelompok kami, yang bernama lestari. Dampak positif dari kegiatan tersebut bisa menjadikan kegiatan yang menghasilkan uang seperti berjualan konektor masker yang saat ini sedang dicari oleh pengguna masker hijab. Kemudian, untuk kegiatan masyarakat yaitu penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan dari rumah ke rumah tiga hari sekali, serta pembagian masker. Dari hasil kegiatan yang kami lakukan selama 15hari ini, memiliki banyak pengalaman baru tentang bagaimana kepeduli anatar lingkungan sekitar, dan memiliki dampak positif untuk mendampingi adik-adik dikala bosannya belajar online/daring. Seperti diberikan Tips and Triks untuk belajar matematika, kami juga memberikan kontak person Wa yang apabila adik-adik ada kesulitan dalam proses belajar matematika disekolah. Kami bersedia membantunya untuk adik-adik dapat memahami pembelajaran disekolahnya secara maksimal.

dokumentasi pribadi

Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi mata kuliah KKN disemester 7 dengan kurikulum yang saat ini sedang berjalan, tidak lupa ingin memperkenalkan nama besar kampus UHAMKA di wilayah Kabupaten Bekasi, serta mengabdi kepada masyarakat lingkungan sekitar yang memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Setelah kami melakukan KKN selama 15hari, kami menemui ketua RT setempat untuk mengucapkan terimakasih telah memberikan kesempatan kami untuk mengabdi dilingkunganya, dan menanyakan kesan dan pesan untuk kami. Bapak Sudiran selaku ketua RT setempat mengungkapkan, "terima kasih untuk kakak-kakak dari mahasiswa UHAMKA Pendidikan Matematika yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat dilingkungan kami, saya selaku ketua RT sangat senang adanya kegiatan positif yang diberikan kepada masyarakat kami serta sudah bersedia untuk memberikan sedikit ilmunya kepada anak-anak dilingkungan kami dan sudah menyemprotkan disinfektan ke setiap rumah yang ada di lingkungan kami, agar terjahui dari virus covid-19 ini. Lalu dari selaku DPL kami ibu Asih Miatun mengungkapkan juga "Walaupun dalam keaadaan pamdemi seperti ini kegiatan kkn tematik dapat berjalan dengan lancar dengan protokol kesehatan yang ketat. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat merasakan bagaimana rasanya memiliki peran dimasyarakat serta dapat memberikan manfaat bagi orang lain. pandemi covid-19 memberikan dampak pada kehidupan masyarakat, salah satunya di bidang pendidikan. Mahasiswa peserta kkn dapat membantu siswa usia sekolah yang kesulitan mengikuti pembelajaran secara online dengan memberikan pelajaran tambahan."



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline